SOLOPOS.COM - Ilustrasi bau mulut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak mengganggu rasa percaya diri, sebaiknya ketahui cara mengatasi bau mulut yang muncul saat puasa. Masalah ini sebenarnya wajar terjadi lantaran Anda tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, bau mulut bisa berasal dari dalam maupun luar mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah karena adanya bakteri di area gigi juga lidah.  Agar terhindar dari masalah ini, simak ulasannya di tips puasa kali ini.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Berikut ini cara menghilangkan bau mulut saat puasa seperti dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (6/4/2022):

1. Berkumur dengan mouthwash

Berkumur dengan mouthwash merupakan salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Banyaknya bakteri di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash.  Sebaiknya gunakan mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa jenis obat kumur yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ini Takjil Favorit Umat Muslim Indonesia untuk Buka Puasa

2. Sikat gigi

Setelah waktu berbuka dan sahur, jangan lupa sikat gigi Anda secara menyeluruh. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi.  Hal ini bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena membersihkan sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Menyikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut kalau benar-benar diperlukan.  Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus menyikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi. Lalu, jangan lupa untuk rutin mengganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan sekali untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

3. Bersihkan lidah

Saat sahur, selain menyikat gigi Anda juga bisa bersihkan lidah sebagai cara untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko.

Baca Juga:  5 Manfaat Minum Madu Saat Sahur

Tidak hanya menjaga kebersihan lidah, ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan higienis.

4. Menjaga kesehatan gusi

Bau mulut memang bisa terjadi ketika kebersihan gigi dan mulut tidak terjaga. Tidak hanya area gigi, gusi yang bermasalah pun juga bisa menjadi penyebab masalah bau mulut. Hal ini karena adanya bakteri yang berkumpul pada dasar gigi sehingga menjadi bau.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena masalah gusi ini pun bisa Anda lakukan dengan langsung berkonsultasi pada dokter gigi. Kondisi seperti gingivitis atau periodontitis ini memerlukan penanganan langsung.

5. Konsumsi jus buah

Selain air putih, Anda juga bisa memanfaatkan jus buah tertentu sebagai cara menghilangkan bau mulut saat buka puasa. Seperti jus nanas yang diklaim efektif untuk mengatasi kondisi ini.  Walaupun belum ada penelitian secara spesifik, buah nanas mempunyai kandungan yang dapat mengatasi masalah peradangan dalam tubuh. Ditambah senyawa bromelain di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan masalah infeksi akibat bakteri.

Baca Juga:  Catat! Ini Durasi Puasa di Negara-Negara Seluruh Dunia

Tidak hanya nanas, Anda juga bisa memanfaatkan jeruk sebagai minuman di sela-sela waktu buka puasa. Buah jeruk tergolong baik untuk menambah kebersihan gigi.  Ditambah dengan kemampuan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga membantu menghilangkan masalah bau mulut saat puasa.

6. Manfaatkan cuka apel atau soda kue

Jika kehabisan obat kumur, Anda bisa memanfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara mengatasi bau mulut saat puasa. Anda bisa melarutkan salah satunya, agar bisa dijadikan obat kumur alami.

Baking soda atau soda kue mempunyai kandungan natrium bikarbonat yang secara efektif membunuh bakteri di mulut. Sedangkan cuka apel mempunyai senyai asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.

Campurkan dua sendok makan dengan satu cangkir air hangat. Lalu, kumur selama 30 detik dan bersihkan mulut dengan air biasa.

7. Minum air putih yang cukup

Saat menjalani puasa, Anda tidak memungkinkan untuk menjaga asupan air mineral di siang hari. Walaupun salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah menjaga area mulut tetap lembap, jangan khawatir dulu.  Cara yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga asupan air di waktu buka puasa sampai dengan sahur. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan.

Ketika asupan air mineral terjaga, maka produksi air liur pun tetap ada sehingga mencegah bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya