SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

indonews.org

[SPFM], Yuni Shara yang terlahir dengan nama Wahyu Setyaning Budi di Malang, Jawa Timur, 3 Juni 1972 ini adalah kakak kandung dari Krisdayanti. Ibunya bernama bernama Rachma Widadiningsih. Selama kariernya, Yuni Shara termasuk rajin mengeluarkan sejumlah album mulai tahun 1990 hingga yang terbaru tahun 2011. Mulai dari Jatuh Cinta Lagi (1990) hingga Nurlela (2011) yang direkamnya, bersama Krisdayanti dan Iis Dahlia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yuni Shara sudah bernyanyi sejak kecil. Dia sering mengikuti lomba sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ketika SMP, Yuni hijrah ke Jakarta dan di kota inilah, karirnya dimulai. Kesempatan datang tahun1987, saat Yuni masih SMA, dengan mengikuti Festival Bintang Radio dan Televisi yang mengikutsertakan remaja. Yuni berhasil meraih juara II berkat lagu keroncong yang diajarkan ayahnya. Dua tahun kemudian, Yuni mengikuti lagi festival yang sama dan meraih juara I. Yuni pun mendapat tawaran rekaman bersama penyanyi lain yang tergabung dalam Billboard All Stars.

‘Mengapa tiada maaf’ bawa ke puncak

Album pertama Yuni dirilis tahun 1990 berjudul Jatuh Cinta Lagi. Namun baru pada album keduanya Hilang Permataku, Yuni Shara mulai banyak dikenang, dan albumnya meledak di pasaran. Sejumlah albumnya yang juga sukses di pasaran adalah Aku Percaya (1993) dan Surat Undangan (1994) yang merupakan recycle. Album-album tersebut mengulang sukses album daur ulang pertamanya. Karier Yuni memuncak saat album Mengapa Tiada Maaf dirilis tahun 1995. Album tersebut laku 1,5 juta kopi dan mendapat 4 platinum dari BASF. Pada tahun yang sama, Yuni mengeluarkan album soundtrack serial silat Return of The Condor Heroes dan kembali memperoleh 3 buah platinum dari BASF, sehingga total selama tahun 1995, Yuni meraih 7 platinum dari BASF. Tak hanya berkarir solo, Yuni mencoba peruntungan dengan membentuk kelompok vocal bernama 5 Wanita bersama dengan Rieka Roeslan, Nina Tamam, Andien, dan Iga Mawarni.

 

Lika-liku asmara

Dalam kehidupan asmara, Yuni diketahui pernah menikah sebanyak dua kali. Yang pertama dengan Raymond Manthey pada tahun 1993 dan hanya bertahan sekitar 4 bulan. Alumni jurusan Keuangan dan Perbankan Universitas Borobudur Jakarta ini kemudian menikah dengan pengusaha Henry Siahaan, duda beranak 2, yang juga mantan suami artis dan penyanyi Nur Afni Octavia. Pernikahannya dengan Henry menghasilkan dua anak yakni Cavin Obrient Salomo Siahaan yang merupakan anak adopsi, dan Cello Obient Siahaan yang merupakan anak kandungnya dengan Henry. Namun baru sesaat kebahagiaan bersama sang buah hati, pada bulan Februari 2007, Henry malah harus mendekam di penjara lantaran terkait dugaan korupsi atas pengadaan alat komunikasi dan jaringan komunikasi untuk Detasemen 88. Perbuatan tersebut diperkirakan merugikan Negara Rp7 milyar. Pada tanggal 21 Mei 2008, Yuni memasukkan gugatan cerai terhadap Henry. Pada tanggal 17 Juni 2008, Yuni resmi bercerai dari Henry. Dua kali menikah dan dua suami yang bermasalah membuat Yuni tampaknya berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan pria. Saat ini, Yuni tengah dekat dengan pesinetron muda, Raffi Ahmad. Mereka terlibat sejumlah proyek mulai dari film hingga lagu.

Selain masalah asmara, Yuni juga pernah bermasalah hukum dengan Atha – mantan isteri Raul Lemos – suami Krisdayanti. Namun, kasus itu tak berlanjut. Diantara sekian banyak permasalahan yang dihadapinya, Yuni telah berhasil membuktikan bahwa wanita mampu bermultiperan. Selain dikenal sebagai penyanyi, Yuni juga merambah bisnis batubara, selain tentunya single parent bagi dua anaknya Cavin dan Cello. [SPFM/hen/dtp]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya