Multifungsi, Tanaman Hias Gantung Ini Juga Bisa Jadi Sarana Investasi
Ilustrasi tanaman hias lidah mertua (Designtrends.com)

Solopos.com, SOLO -- Di masa pandemi covid-19, banyak orang merasa jenuh di rumah karena ruang geraknya terbatas dan harus menerapkan berbagai protokol kesehatan ketika berkegiatan. Agar tidak merasa jenuh, kita harus pintar-pintar memutar otak untuk mencari kegiatan yang positif tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah mengoleksi tanaman.

Mengkoleksi tanaman baru-baru ini menjadi tren bagi masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Selain bisa menjadi sarana investasi dan sarana menambah pemasukan, bisa juga menjadi sarana refreshing ketika penat terhadap pekerjaan yang dikerjakan di rumah.

Tentu saja ketika akan mengoleksi berbagai tanaman hias, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Di antaranya budget untuk mengoleksi tanaman hias, kondisi teras rumah apakah memungkinkan untuk mengoleksi banyak tanaman hias serta jenis tanaman hias yang akan kita koleksi bisa bertahan di berbagai cuaca yang berubah-ubah atau tidak.

Baca Juga: Desain Interior Rumah Mungil Yang Dijamin Hemat

Tidak Harus Berjenis Bunga

Jika kalian memiliki teras rumah yang tidak terlalu luas, berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis tanaman hias yang dapat digantung agar tidak memakan tempat. Dikutip dari orami.co.id, ada 7 jenis tanaman hias yang bisa menjadi list koleksi tanaman hias kalian.

1. Bunga Lobelia
Bunga lobelia merupakan jenis tanaman hias gantung yang mudah tumbuh subur di berbagai musim. Selain itu juga tidak memerlukan banyak perawatan sehingga cocok buat kalian yang tidak punya waktu merawat tanaman hias.  Hanya dengan cara menabur bibit lobelia di dalam tanah seperti menanam biasa, pucuk tanaman hias gantung ini akan muncul dan bisa langsung dipindahkan pada pot untuk digantung.

2. Bunga Geranium
Bunga ini selain untuk memperindah rumah berfungsi untuk menghalau nyamuk. Hal yang perlu diperhatikan, bunga ini memerlukan cuaca yang sejuk agar tumbuh dan berkembang dengan optimal. perawatan ekstra seperti menyiram untuk menjaga kelembapannya, serta rajin memberi pupuk harus dilakukan.

3. Heart Leaf Philodendron
Tanaman hias tidak harus berjenis bunga. Tanaman berjenis daun ini memiliki bentuk daun waru. Sekilas terlihat biasa saja. Namun, jika tanaman hias ini sedang tergantung di depan teras rumah kita akan terlihat keindahannya.

Tanaman ini memiliki fungsi untuk menyerap polutan di udara sehingga udara di teras rumah kita akan terasa lebih bersih dan sejuk. Selain itu, tanaman ini juga perawatan lebih mudah dan bisa tumbuh dengan subur.

Baca Juga: Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial

Manfaatkan Keindahan Tanaman Gantung

4. Sedum Morganianum
Tanaman hias gantung ini mirip dengan tanaman kaktus. Tanaman ini membutuhkan banyak matahari, namun hanya membutuhkan sedikit air. Inilah alasan mengapa Sedum morganianum mudah dirawat. Tanaman hias gantung ini dikenal juga dengan nama kaktus anggur.

Sayang, warna hijau pucat yang ada pada tanaman ini membuatnya tidak terlalu menonjol. Tetapi tanaman ini mempunyai bentuk yang cantik dan unik serta cocok dijadikan sebagai variasi jenis tanaman hias gantung di teras rumah.

5. Tradescantia
Tanaman hias gantung ini identik dengan daun bercorak garis-garis dan memiliki bermacam-macam warna, seperti putih, ungu, dan hijau. Tanaman hias gantung ini bisa tumbuh pada berbagai kondisi lingkungan, tetapi perlu diperhatikan bagian akar dari tumbuhan ini. Walaupun begitu, tanaman hias gantung ini sangat cocok diletakkan di teras atau yang terkena cahaya matahari.

6. Sirih Marble
Tanaman hias gantung ini merupakan tanaman yang menyerupai marble. Cocok ditaruh di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman hias gantung sirih marble bisa diletakkan pada semua jenis desain rumah Moms. Keunggulan tanaman sirih marble yakni sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan tanpa sinar matahari atau dengan sinar matahari.

7. Dischidia Geri
Tanaman hias gantung ini bisa tumbuh menjuntai panjang dengan indah. Tanaman hias gantung yang ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan yang dapat memberi kesan asri dan menyegarkan. Teras rumah kita tentu akan berubah menjadi cantik dan indah jika dihiasi dengan tanaman-tanaman hias yang sudah dijelaskan tadi. Selain memperindah, tanaman hias tersebut juga memiliki berbagai fungsi dan perawatan yang tidak terlalu banyak. Sesuaikan juga dengan kondisi rumah dan kemampuan diri dalam merawat tanaman tersebut agar tanaman hias yang kita koleksi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sumber: orami.co.id



Berita Terkini Lainnya








Kolom