Tutup Iklan

Mulia, Penyintas Covid-19 Asal Klaten Sumbangkan Ratusan APD untuk Penanganan Corona

Sumbangan dari penyintas bernama Bambang Supriyambodo, 61, itu diserahkan menyusul meningkatnya kebutuhan APD saat angka kasus Covid-19 masih tinggi.

 Bambang Supriyambodo, 61, penyintas Covid-19 menyerahkan bantuan APD di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Bambang Supriyambodo, 61, penyintas Covid-19 menyerahkan bantuan APD di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Seorang penyintas Covid-19 menyumbang 200 alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat untuk penanganan virus Corona di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bantuan diserahkan ke GOR Gelarsena, Minggu (25/7/2021), yang menjadi lokasi isolasi terpusat Kabupaten Klaten.

Sumbangan dari penyintas bernama Bambang Supriyambodo, 61, asal Klaten, itu diserahkan menyusul meningkatnya kebutuhan APD di saat angka kasus Covid-19 yang masih tinggi. APD dibeli Bambang menggunakan dana pribadi.

“Karena sekarang untuk mencari APD juga sulit. Oleh karena itu kami mengusahakan bantuan APD. Berikutnya kami pesankan 1.000 APD,” jelas dia saat ditemui di sela penyerahan APD, Minggu.

Baca juga: Kasus Kematian Pasien Covid-19 Klaten Isoman di Rumah Bertambah

Bambang menuturkan bantuan APD itu dia berikan sebagai bentuk syukur setelah pulih dari terpapar Covid-19.

“Kami pernah sakit kemudian diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk hidup. Apa yang harus kami berbuat dan ini kami gelorakan untuk yang sehat bisa saling membantu. Kalau memang nanti membutuhkan sembako kami upayakan,” jelas Bambang.

Bambang menjelaskan dirinya terpapar Covid-19 pada Februari 2021. Bambang pun menuturkan saat itu dia menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Kali pertama yang saya pikirkan saat itu keluarga, istri dan anak. Agar imunitas mereka tidak ikut turun, saya setiap hari olahraga untuk menunjukkan kondisi saya saat itu baik-baik saja,” kata dia.

Baca juga: Bertambah Lagi, Total 138 Pasien Covid-19 Klaten Dibawa ke Asrama Haji Donohudan

Namun, Bambang lantas berpikir untuk tak menjalani isolasi mandiri di rumah agar virus yang memapar dirinya tak menular ke orang lain. Bambang pun memilih menjalani isolasi di rumah sakit hingga dinyatakan terbebas dari Covid-19.

Gencarkan Edukasi Soal OTG

Selain mengajak orang lain untuk saling membantu, Bambang mengaku saat ini dirinya juga sedang menggencarkan edukasi.

“Penyebaran ini meluas itu salah satunya dari OTG. Kami berikan edukasi bagaimana agar OTG ini bisa ketat. Kalau memang mau isolasi di rumah kami ajak bisa isolasi dengan ketat,” jelas dia.

Baca juga: Lika-Liku Penjemputan Warga Positif Covid-19 di Klaten: Pakai 3 Pendekatan untuk Picu Kesadaran

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan APD sangat dibutuhkan saat ini bagi petugas-petugas yang berkontak langsung dengan pasien di tempat isolasi terpusat.

Kebutuhan mendesak lainnya yakni obat-obatan serta oksigen medis. Cahyono mengatakan berbagai bentuk bantuan selama ini sudah diberikan warga secara pribadi maupun kelompok. Hal itu pula yang menjadi salah satu upaya menangani Covid-19 secara bersama-sama.


Berita Terkait

Berita Terkini

Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.