Mulai Tahun Ini Kades di Boyolali Wajib Lapor Harta Kekayaan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Kepala desa dan perangkat desa (perdes) di Boyolali wajib melaporkan harta kekayaan mereka kepada Inspektorat Daerah setempat, mulai tahun ini.

Tak perlu khawatir ribet, pelaporan ini bisa dilakukan dari ponsel Android melalui aplikasi SiharkaBoy yang bisa diunduh di Google Play.
Kewajiban pelaporan harta kekayaan ini juga berlaku bagi pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pegawai Badan Layanan Umum Milik Daerah (BLUD).

Inspektur Pembantu Wilayah 1 Inspektorat Daerah Boyolali, Ning Martuti, mengatakan SiharkaBoy yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Harta Kekayaan Boyolali ini berbeda dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

“LHKPN adalah program Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] bagi penyelenggara negara dan LHKASN adalah program Kementerian PAN dan RB [Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi] untuk semua ASN/PNS dari tingkat tertinggi hingga terendah. Sedangkan SiharkaBoy adalah Program Pemkab Boyolali untuk pelaporan harta kekayaan perangkat desa, BLUD, dan BUMD non-LHKPN/LHKASN,” ujar Ning, Senin (18/2/2019).

Istri dan Anak

Para pegawai yang wajib lapor pada SiharkaBoy ini harus melaporkan harta kekayaan mereka setahun sekali, meliputi komponen antara lain harta kekayaan, penerimaan, pengeluaran pengelolaan keuangan, penerimaan fasilitas, dan lainnya. Tak hanya pegawai bersangkutan, harta kekayaan istri dan anak yang masih dalam tanggungan juga wajib dilaporkan.

Tujuan pelaporan untuk meningkatkan pengawasan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, sekaligus melindungi pegawai dari fitnah terkait kekayaan yang dimiliki. Merujuk alur pelaporan melalui SiharkaBoy, Inspektorat dapat mengumumkan harta kekayaan melalui portal resmi Pemkab Boyolali.

Ning tidak menampik ada pegawai wajib lapor yang memiliki penghasilan selain dari gaji. “Sah-sah saja pegawai memiliki usaha atau penghasilan dari luar gaji. Tapi semuanya harus dilaporkan agar jelas dari mana asalnya,” imbuh Ning.

Pelaporan harta kekayaan perdes, BUMD, dan BULD ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Bahkan aplikasi SiharkaBoy juga diapresiasi KPK dan akan diterapkan untuk daerah lain di Indonesia.

31 Maret

Mengenai waktu pelaporan, disebutkan bahwa batas pelaporan harta kekayaan ada dua kategori, yakni pelaporan periodik setahun sekali paling lambat 31 Maret tahun berikutnya. Sedangkan untuk pelaporan khusus yakni pelaporan saat kali pertama menjabat atau pensiun, paling lambat 3 bulan setelah menjabat atau pensiun.

Disinggung mengenai sanksi bagi wajib lapor yang tidak melakukan pelaporan harta kekayaan, menurutnya saat ini sedang disusun. “Sanski sedang kami susun. Tapi yang jelas ini adalah program Pemkab yang harus dijalankan.”

Kasubbag Analisis dan Evaluasi Inspektorat Boyolali Achmad Nasution menambahkan aplikasi yang dibangun Oktober 2018 ini sudah rampung pada Februari 2019 dan sudah bisa diunduh di GooglePlay.

Saat ini aplikasi tersebut sudah dapat diakses para wajib lapor yang datanya sudah dimasukkan oleh para administrator di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. “Kami sudah melakukan pelatihan kepada administrator dan sekarang mereka mulai melakukan pemasukan data. Sedangkan sosialisasi kepada para wajib lapor akan kami mulai Rabu [20/2/2019] di Simo dan Musuk,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Teka-Teki Pria Meninggal Saat Live TikTok di Jatinegara

Polisi enggan menyimpulkan apakah minuman keras dan obat-obatan tersebut ada kaitannya dengan peristiwa kematian korban.

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.

Hasil Liga 1 2021-2022: Tundukkan Arema Malang 2-1, PSS Sleman Raih Poin Penuh

Arema Malang unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Johan Ahmad Alfarizi menit ke 35

Ladies, Begini Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba supaya payudara tetap kencang dan sehat.

Komisi IV DPRD Sukoharjo Desak Pemkab Percepat Vaksinasi Covid-19 PelajarĀ 

Komisi IV DPRD Sukoharjo meminta Pemkab lebih aktif meminta vaksin Covid-19 untuk mempercepat vaksinasi pelajar.

2 Mitos Kepercayaan Masyarakat ini Bikin Sungai Bengawan Solo Kian Kotor

Ada sedikitnya dua mitos kepercayaan masyarakat yang membuat air Sungai Bengawan Solo kian kotor dengan buangan sampah.