SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali memastikan seluruh aktivitas di Terminal Sunggingan akan pindah ke Terminal Penggung mulai Senin (2/9/2019) mendatang.

Kepala Dishub Boyolali Untung Raharjo mengatakan boyongan petugas terminal dan pedagang digelar Rabu (28/8/2019). Terminal ini akan menggantikan Terminal Sunggingan yang sebelumnya menjadi terminal induk untuk pemberhentian kendaraan umum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada hari ini [Rabu], para pedagang dan petugas akan dikumpulkan di Terminal Penggung Boyolali. Jadi para petugas maupun pedagang di Terminal Sunggingan yang belum pindah ke Terminal Penggung, hari ini boyongan,” ujarnya, ketika ditemui Solopos.com, Rabu.

Sementara itu mengenai rekayasa lalu lintas kendaraan khususnya dari arah Solo yang akan masuk ke Terminal Penggung, Untung mengatakan untuk sementara ini, bus dan angkutan kota masih melalui jalan Solo-Semarang.

Namun tak menutup kemungkinan rute akan dirubah melalui jalan Desa Winong, Kecamatan Boyolali Kota. “Kalau kendaraan dari arah Semarang tidak ada masalah,” ujar Untung.

Ia membeberkan luas Terminal Penggung di Desa Penggung, Boyolali Kota, sekitar 11.000 meter persegi. Terminal ini lebih luas dibandingkan Terminal Sunggingan.

Meskipun pengelolaan terminal itu nantinya jadi tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, asetnya tetap milik Pemkab Boyolali.

“Lahan di Penggung dipastikan lebih luas dibanding Terminal Sunggingan saat ini yang hanya 9.000 meter persegi. Harapannya terminal baru lebih layak. Dishub Boyolali sudah berkoordinasi dengan Dishub Jateng untuk pembenahan fasilitas transportasi dan kawasan ekonomi di dalamnya. Diperlukan kerja sama semua pihak terkait dengan pemindahan ini,” ujar dia.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Fabriyani Aer, mengatakan pemindahan lokasi terminal itu sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait untuk pengkajian.

“Ada traffic light di depan pintu masuk Terminal Penggung. Fungsinya untuk membantu mengatur arus lalu lintas kendaraan saat bus masuk dari arah Semarang,” kata dia.

Ia mengatakan tidak ada penutupan jalan selama peresmian Terminal Penggung. “Tidak ada penutupan arus lalu lintas karena lokasi peresmiannya ada di dalam terminal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya