Mulai Minggu Malam, Alkid Solo Steril Dari Kerumunan, Semua Pintu Ditutup!
Kerumunan warga di Alun-alun Kidul Keraton Solo saat petugas gabungan datang melakukan sosialisasi dan penertiban, Minggu (12/7/2020) sore. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Petugas gabungan Satpol PP, kepolisian, TNI, dan Dishub Kota Solo menyatakan kawasan Alun-Alun Kidul atau Alkid Keraton Solo harus steril dan semua ditutup mulai Minggu (12/7/2020) malam.

Semua pintu masuk Alkid akan ditutup, baik dari arah utara, timur, selatan, maupun barat. Petugas gabungan melakukan penertiban pada Minggu sore hingga malam.

Pasien Positif Covid-19 Karanganyar Tambah 2, Nakes yang Bekerja di RSUD Moewardi Solo

Kasi Trantib Satpol PP Solo Agus Sis Wuryanto mengatakan Minggu sore itu tim gabungan melakukan sosialisasi sekaligus penertiban kaitannya dengan pencegahan Covid-19. Dasarnya adalah Perwali Solo Nomor 10 Tahun 2020 serta perintah Presiden terkait new normal.

"Mulai malam ini pukul 22.00 WIB pintu masuk Alkid Solo ditutup semua. Tidak boleh ada orang jualan," kata Agus saat diwawancarai Solopos.com, Minggu sore.

Korban Meninggal Akibat Covid-19 Sukoharjo Tambah Lagi, Kali Ini Pedagang Di Pasar Solo

Agus menambahkan selama kegiatan sosialisasi dan penertiban itu petugas gabungan menemukan banyak anak di bawah 15 tahun berkeliaran di Alkid. Ada juga ibu hamil.

PKL Diundang Sosialisasi

Banyak dari mereka yang tidak memakai masker, berkerumun tanpa memperhatikan jarak. Petugas langsung membubarkan mereka dan meminta mereka keluar dari Alkid.

Lebih lanjut, setelah memastikan Alkid ditutup, Satpol PP Solo akan mengundang semua pedagang kaki lima di kawasan itu untuk diberi sosialisasi pada Kamis (16/7/2020). Mereka akan diberi sosialisasi terkait Covid-19, Perwali No. 10/2020.

Pelonggaran Ekonomi Sukoharjo Gagal Bendung Gelombang PHK, Sudah 5.204 Buruh Jadi Korban

Juga soal kegiatan yang mengundang keramaian harus meminta izin ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Informasi yang diperoleh Solopos.com, kendaraan roda empat sudah tidak diperbolehkan masuk Alkid sejak pukul 16.30 WIB.

5 Keluarga Nakes Pejuang Covid-19 Gugur di Semarang Dapat Penghargaan & Santunan dari Menkes Terawan

Pasi Ops Kodim Kapten Inf Mulyono mewakili Dandim 0735 Solo Letkol Inf Wiyata S Aji mengatakan TNI siap membackup Satpol PP dan kepolisian terkait sterilisasi Alkid. "Personel kami siagakan di pintu-pintu [Alkid]" ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom