Mulai Hari Ini, PT KAI Operasikan KA Wijayakusuma Rute Solo-Cilacap
Petugas PT Inka mengecek kondisi kereta api seri terbaru K3 2017 Ekonomi Premium pesanan PT KAI, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

PT KAI mulai Selasa ini mengoperasikan KA Wijayakusuma jurusan Solo-Cilacap.

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta membuka rute baru Solo-Jogja-Cilacap mulai Selasa (26/9/2017). Hal ini untuk mengakomodasi permintaan penumpang Solo-Cilacap dan sebaliknya yang terus meningkat.

Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan pembukaan rute baru ini sudah dikaji sejak beberapa waktu lalu. Menurut dia, banyak metode yang telah dilakukan selama masa pengkajian tersebut, di antaranya poling dengan menyebar kuisioner di tiga kota (Solo, Jogja, dan Cilacap) serta melalui pesan singkat dan ternyata banyak yang menginginkan pembukaan rute ke Cilacap.

“Selama ini belum ada kereta api [KA] khusus yang ke Cilacap, biasanya mereka memanfaatkan KA Logawa [rute Purwokerto-Jember] dengan gerbong khusus. Padahal permintaan cukup banyak sehingga mulai besok [Selasa] akan dioperasikan KA Wijayakusuma,” ungkap Eko saat dihubungi Solopos.com, Senin (25/9/2017).

Dia mengungkapkan potensi penumpang rute baru ini cukup beragam mulai dari mahasiswa, pekerja, dan wisatawan. Apalagi dengan jalan yang makin padat membuat kereta makin diminati karena menawarkan ketepatan waktu.

Rute baru ini memanfaatkan kereta ekonomi premium yang baru selesai dirakit jelang Lebaran lalu dengan kapasitas 80 penumpang per kereta. Namun, dia mengatakan belum mengetahui pasti jumlah kereta yang akan digunakan dalam satu rangkaian.

Sebagai rangkaian KA jarak menengah, pemesanan tiket bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan di loket stasiun, channel eksternal, maupun aplikasi. KA Wijayakusuma menawarkan harga tiket promo pada 26 September-26 Desember senilai Rp50.000 untuk rute Jogja-Cilacap dan Rp70.000 untuk Solo-Cilacap.

Sedangkan tiket Kroya-Cilacap dijual dengan harga Rp20.000, Kutoarjo-Lempuyangan senilai Rp25.000, dan Yoyakarta-Solo Rp40.000. Kereta ini akan melewati beberapa stasiun, di antaranya Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan.

Kereta ini dijadwalkan berangkat pukul 05.00 WIB dari Cilacap kemudian pukul 09.30 WIB dari Jogja kembali ke Cilacap. Pemberangkatan kedua, KA Wijayakusuma berangkat pukul 14.10 WIB dari Cilacap menuju Solo dan pukul 19.45 WIB berangkat dari Solo dan tiba di Cilacap pukul 01.00 WIB.

Tak hanya melayani rute jarak menengah, KA ini juga bisa menjadi alternatif bagi calon penumpang dari Solo yang ingin menuju Jogja atau sebaliknya. Hal ini mengingat jumlah penumpang KA lokal ini sangat tinggi.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom