Mulai Hari Ini Dishub Solo Buka Layanan Derek Gratis

Mulai Hari Ini Dishub Solo Buka Layanan Derek Gratis

SOLOPOS.COM - Sanksi derek terhadap mobil yang pengemudinya parkir sembarangan. (JIBI/Bisnis.com/Dok.)

Dishub Solo buka layanan derek mobil gratis.

Solopos.com, SOLO—Dinas Perhubungan (Dishub) Solo kini membuka layanan derek gratis bagi masyarakat di Solo. Layanan ini dirilis berbarengan dengan penyerahan bus Batik Solo Trans (BST) untuk operasional koridor 3, pembagian operasional feeder BST baru, sekaligus launching bus Gatotkaca di Pendhapi Gede Balai Kota Solo, Senin (5/2/2018).

Selama ini satu unit kendaraan derek yang dimiliki Dishub selama ini hanya dipakai untuk menarik mobil yang kedapatan berada di posisi melanggar aturan lalu lintas, seperti terparkir di zona larangan parkir. Itu pun pemilik kendaraan tersebut mesti membayar Rp250.000. (baca: PERPARKIRAN SOLO: Dishub Solo Batalkan Aturan Steril Parkir di Jl Kol Sutarto)

"Kami punya satu unit mobil derek. Sebelumnya kendaraan itu hanya dipakai untuk fungsi penataan, yakni menarik mobil yang kedapatan dalam posisi melanggar aturan sehingga harus digembok dan kemudian diderek untuk dipindah. Tapi sekarang mobil derek kami gunakan untuk dua fungsi, yakni penataan dan pelayanan kepada masyarakat. Kami sekarang siap menderek mobil yang mogok," papar Kabid Perparkiran Dishub Solo, M Usman saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (4/2/2018).

Usman menyampaikan Dishub kini telah menyusun standar operasional prosedur (SOP) layanan derek gratis dengan cara penderekan dan dipindah atas dasar permohonan.

Dia menyebut, Dishub bakal siap menerima permohonan layanan derek dari masyarakat asal lokasinya tidak menganggu kelancaran lalu lintas dan berada di wilayah administrasi Kota Solo.

Layanan derek tersebut akan disiagakan Dishub selama 24 jam. Masyarakat atau pemohon hanya perlu menghubungi call center 08 222 10000 59 untuk bisa mengakses layanan derek gratis tersebut.

"Kami coba memberikan layanan derek gratis dengan satu mobil dulu. Jika animo masyarakat tinggi, akan kami upayakan adanya tambahan mobil derek. Kami berharap masyarakat bisa terbantu dengan program layanan derek gratis ini," imbuhnya.

Kasi Parkir Umum dan Khusus Dishub Solo, Henry Satya Negara, menjelaskan syarat yang mesti dilengkapi masyarakat jika ingin memanfaatkan layanan deret, yakni mesti menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Jika pemohon sanggup menunjukkan STNK, mobil akan langsung diderek dan dipindahkan ke lokasi yang diajukan pemohon dan atau perwakilan dari pemohon. Petugas Dishub lantas menyerahkan kendaraan yang diderek kepada pemohon dan atau perwakilan pemohon dengan menandatangani surat tanda terima.

"Setelah launching, layanan derek gratis ini bisa langsung diakses masyarakat. Penyediaan layanan ini menjadi bukti bahwa Pemkot selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelas Henry.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)