SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, Sri Subekti . (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen mulai menggencarkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster 2 untuk umum. Untuk tahap awal sasarannya adalah kelompok warga lanjut usia (lansia) sesuai instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Sragen, Sri Subekti, mengatakan vaksinasi Covid-19 booster 2 dilaksanakan sesuai edaran Kemenkes. Sasaran awal adaah kelompok lansia dan sudah mendapatkan booster I dengan jarak minimal enam bulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini stok vaksin Covid-19 ada dua jenis, yaitu Indovac dengan 2.500 dosis dan Pzifer sebanyak 2.400 dosis. Sasaran pertama kepada lansia karena merupakan orang yang rentan terkena Covid-19,” terang Bekti, sapaan akrabnya, saat ditemui Solopos.com, Jumat (25/11/2022).

Ia mengaku pihaknya perlu melakukan sosialisasi kembali untuk vaksinasi booster 2 ini. Vaksinasi booster dosis 2 akan dilakukan bersamaan dengan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) yang dikoordinasi masing-masing kecamatan.

Baca Juga: Banyak Warga Sragen Tolak Vaksin Booster, Migran Care Bantu Edukasi

Selain itu vaksinasi booster 2 untuk lansia ini bisa dilakukan di puskesmas setempat. Bisa juga di Sentra Vaksin Sukowati di halaman Kantor Pemkab Sragen, mulai Senin hingga Kamis pukul 08.00 WIB hingga selesai.

“Untuk total suntikan vaksin sebanyak 1.595.356 suntikan dengan total 66,20%. Total cakupan vaksinasi dosis I sebanyak 83,46% dengan total suntikan 719.335 suntikan,” lanjut Bekti.

Kemudian untuk vaksin dosis 2 sebanyak 678.189 suntikan atau 78,70%. Vaksin dosis 3 atau booster 1 sebanyak 194.206 suntikan atau 26,29% dan dosis IV atau booster 2 sebanyak 3.626 suntikan, yaitu sebesar 73,02%.

Baca Juga: Kemenkes Beri Izin Vaksinasi Booster Dosis Kedua bagi Lansia

Sebelumnya, vaksinasi booster 2 sudah dilakukan lebih dulu terhadap para tenaga kesehatan (nakes) pada Agustus 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya