SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Stasiun Solo Balapan berencana mengoperasikan kereta ekstra Argo Dwipangga setiap pekan selama bulan Juli. Hal ini dilakukan mengantisipasi lonjakan penumpang kereta selama masa liburan dan menjelang bulan puasa. Kereta ekstra ini akan beroperasi setiap Minggu pukul 21.30 WIB. Tetapi, Sabtu (2/7/2011), akhir pekan besok kereta ekstra ini juga akan dijalankan. Demikian disampaikan Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Rahmat Zaini, kepada Espos, Kamis (30/6/2011).

“Sejak akhir pekan lalu, penumpang kereta sudah mengalami kenaikan. Hampir setiap perjalanan, kursi kereta terisi penuh.” Menurutnya, tingginya angka penumpang ini disebabkan karena ada momen libur sekolah. Semua kereta baik kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif tercatat penuh. Untuk kereta bisnis, kata dia, rata-rata mencatat load factor kisaran 115%. Artinya, dari 64 kursi per gerbong yang tersedia, ada penumpang sekitar 15% dari kapasitas yang berdiri. Penambahan kereta ekstra, lanjut Rahmat, juga sudah dilakukan Selasa (28/6/2011). “Kami sudah mengoperasikan Argo Dwipangga ekstra Selasa lalu,” katanya. Pihaknya memrediksi, tingginya penumpang kereta ini akan berlanjut hingga pertengahan Juli, bahkan akhir Juli menjelang puasa. “Terus nanti awal puasa akan turun dan meningkat lagi saat angkutan Lebaran.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terpisah, Pejabat Humas PT Kereta Api (KA) Indonesia, Eko Budiyanto, membenarkan hal ini. “Kami memprediksi tingginya angka penumpang kereta ini tidak hanya berhenti sampai liburan sekolah. Tetapi, sampai awal bulan Puasa, yakni akhir Juli nanti. Karena, setiap menjelang bulan Puasa, banyak masyarakat yang mudik dari Jakarta untuk mengadakan ziarah.” Sehingga, lanjut Eko, manajemen PT KA Indonesia Daops VI Jogja juga akan mengoperasikan kereta ekstra setiap akhir pekan selama Juli. Ia pun menyampaikan, saat ini load factor kereta api menembus angka 100%. “Bahkan, untuk penjualan tiket kelas ekonomi sempat kami hentikan karena untuk yang berdiri sudah mendekati kapasitas maksimal.”

Ekspedisi Mudik 2024

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya