SOLOPOS.COM - Mahasiswa Undip membuktikan hari tanpa bayangan di kampusnya, beberapa waktu lalu. (JIBI/Semarangpos.com/Dok./Imam Yuda S.)

Solopos.com, SURABAYA -- Seluruh wilayah di Jatim akan mengalami hari tanpa bayangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan fenomena bernama kulminasi utama ini akan terjadi mulai Jumat (11/10/2019) besok.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri memaparkan, kulminasi utama merupakan fenomena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat itu, matahari akan berada di titik zenit atau tepat di atas kepala.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," ujar Teguh seperti dilansir detik.com, Kamis (10/10/2019).

Karena posisi matahari tepat di atas kepala, Teguh mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya peningkatan suhu. Teguh menyebut saat siang akan berpotensi menyebabkan dehidrasi.

"Suhu naik berkisar 0,5-1 C dari normalnya terutama di siang hari yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Tetap menjaga kondisi dengan asupan air yang cukup bagi tubuh," imbuhnya.

Selain itu, Teguh mengatakan fenomena ini kerap terjadi tiap tahun. Ia mengimbau masyarakat agar tidak mengkhawatirkan fenomena ini.

"Tiap tahun di Indonesia, di Jatim secara khusus juga akan mengalaminya. Itu bukan sesuatu hal yang harus dikhawatirkan berlebih kepada masyarakat," paparnya.

Dari data yang diterima, wilayah Jatim yang mengalami hari tanpa bayangan pada Jumat yakni Sumenep, Bangkalan, dan Tuban. Selanjutnya pada Sabtu (12/10/2019) wilayah Surabaya, Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Ngawi.

Kemudian pada Minggu (13/10/2019), fenomena ini terjadi di Situbondo, Kraksaan, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Mojosari, Mojokerto, Jombang, Ngasem, Kediri, Nganjuk, Caruban, Madiun dan Magetan.

Selanjutnya pada Senin (14/10/2019), fenomena ini terjadi di Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Kepanjen, Batu, Kanigoro, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan. Terakhir pada Selasa (15/10/2019), hari tanpa bayangan terjadi di Banyuwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya