Mulai Besok, Tiket KA Bandara Solo Cuma Bisa Dibeli Go Show
KA bandara diberangkatkan dari Stasiun Klaten menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo, Selasa (11/2/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Tiket kereta api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) baru bisa dibeli secara go show di stasiun pemberangkatan. Artinya, tiket KA BIAS belum bisa dipesan melalui channel pembelian tiket PT KAI, seperti aplikasi KAI Access atau situs kai.id.

KA dengan rute Bandara Adi Soemarmo hingga ke Stasiun Klaten resmi berbayar dengan tarif Rp8.000-Rp15.000 sekali jalan mulai Minggu (1/3/2020). Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan pembelian tiket KA ini baru bisa dilayani di stasiun pemberangkatan alias go show.

Maka dari itu, calon penumpang bisa mendapatkan tiket ini sebelum jadwal keberangkatan di stasiun awal.

"Iya, belinya baru bisa go show, belum bisa online. Tarif tiket mulai 1 Maret 2020, relasi bandara - Klaten pergi pulang Rp15.000, kalau relasi Stasiun Solo Balapan - Purwosari atau sampai Kadipiro hingga Stasiun Klaten, Purwosari - Klaten, Klaten - Kadipiro PP harganya Rp8.000," ujarnya, kepada Solopos.com, Sabtu (29/2/2020).

Lulus Kuliah, Bakul Sayur Karanganyar Wisuda Bawa Beronjong Dagangan

Helly Indrayanto menambahkan dengan adanya tarif ini, pihaknya bisa melihat perkembangan okupansi penumpang. Dalam hal ini khususnya penumpang pesawat terbang yang menggunakan KA BIAS.

Menurutnya, selama ini okupansi KA BIAS didominasi masyarakat umum. Hal ini lantaran tiket KA tersebut masih gratis atau Rp0 hingga Sabtu ini. Alhasil, banyak yang memanfaatkan transportasi ini sebagai destinasi wisata baru.

Belakangan, penumpang maskapai mulai memanfaatkan KA Bandara ini dengan rata-rata 40% hingga 50% dari jumlah keseluruhan penumpang per hari.

"Kalau sudah bertarif begini, terlihat jelas penumpang maskapai yang menggunakan KA BIAS," imbuhnya.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan tarif KA BIAS yang diterapkan mulai 1 Maret 2020, merujuk pada surat Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Dirut PT KA nomorka.204/b.34/djka/20 tanggal 28 Februari 2020 perihal pemberlakuan tarif KA Bandara Internasional Adisumarmo.

Bukan Anwar Ibrahim, Muhyiddin Yassin PM Malaysia Pengganti Mahathir Mohamad

Surat resmi tersebut menyebut sampai adanya penetapan surat penugasan dari Dirjen KA, maka mulai 1 Maret 2020 ditetapkan tarif KA BIAS relasi Stasiun Bandara Adi Soemarmo - Klaten PP sebagai berikut:

"Dari atau ke Stasiun KA Bandara dengan tujuan relasi Stasiun Kadipiro - Solo Balapan - Klaten bertarif Rp15.000. Sedangkan relasi Stasiun Klaten - Solo Balapan - Kadipiro PP, atau relasi stasiun antara [dari atau ke stasiun di luar Bandara Adi Soemarmo] bertarif Rp8.000," paparnya.

Sementara itu, salah satu penumpang asal Solo, Rian, mengaku dipermudah dengan adanya KA Bandara ini. Saat itu ia harus berangkat subuh untuk mengejar penerbangan ke Denpasar, Bali, pukul 06.00 WIB.

Sosok Bakul Sayur Karanganyar Wisuda Bawa Beronjong: Rajin Nabung dan Tahajud

"Tarif segitu saya rasa terjangkau bagi masyarakat. Daripada rempong dan mahal kalau naik taksi. Apalagi saat pulang lagi ke Solo saya bawa barang banyak, kalau mau minta jemput naik motor juga enggak bisa bawa. Jadi, saya sangat terbantu dengan adanya KA ini," jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho