Kategori: Nasional

Mulai Besok, Penumpang Kereta Api Wajib Rapid Test Antigen


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memberlakukan kewajiban rapid test antigen kepada calon penumpang yang akan melakukan perjalanan jarak jauh mulai Selasa (22/12/2020).

Aturan itu mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No.3/2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 dalam Masa PandemiCovid-19.

Selain itu, aturan rapid test antigen juga mengacu pada SE Kemenhub No. 23/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Ibadah Natal, Anak-Anak dan Orang Lansia Diminta Tidak ke Gereja

"KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah persebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” ujar EVP Corporate Secretari KAI, Dadan Rudiansyah, dalam keterangan resmi, Senin (21/12/2020).

Dadan menjelaskan setiap pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa harus menunjukkan surat keterangan rapid test antigen, dengan hasil negatif yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum keberangkatan.

14 Hari Sebelum Keberangkatan

Sementara itu, untuk pelanggan KA jarak jauh di Pulau Sumatra, surat keterangan hasil rapid test antigen berlaku 14 hari sebelum keberangkatan.

Namun, syarat rapid test antigen itu tidak diwajibkan untuk penumpang yang berusia di bawah 12 tahun.

Flyover Purwosari Solo Sudah Boleh Dilewati Lur, Sementara Cuma 6 Hari

Dadan menambahkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PT KAI pun menyediakan layanan rapid test antigen di sejumlah stasiun. Calon penumpang bisa melakukan rapid test antigen sebelum keberangkatan dengan harga Rp105.000.

“Layanan rapid test antigen untuk saat ini tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon, Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi,” ujarnya.

Dadan mengimbau kepada calon penumpang yang ingin mendapatkan layanan rapid test antigen untuk menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Lokasi Rapid Antigen di Solo, Lengkap dengan Biayanya

Hal itu dikarenakan proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah,” imbuh Dadan.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati