Mulai 1 Juli, Karanganyar Kembali Terapkan Hajatan Banyumili

Penyelenggaraan hajatan di Kabupaten Karanganyar kembali menerapkan konsep banyumili. Pemkab Karanganyar akan mulai menerapkan kebijakan itu per 1 Juli.

Mulai 1 Juli, Karanganyar Kembali Terapkan Hajatan Banyumili

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Penyelenggaraan hajatan di Kabupaten Karanganyar kembali menerapkan konsep banyumili. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan mulai menerapkan kebijakan itu per 1 Juli.

Konsep hajatan banyumili yang dimaksud adalah penyelenggara hajatan tidak menyiapkan kursi untuk tamu undangan. Artinya, mereka tidak menjamu tamu di lokasi hajatan. Seluruh menu sudah dikemas dalam dus atau kemasan lain sehingga langsung bisa dibawa pulang oleh tamu undangan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan itu saat berbincang dengan wartawan di salah satu ruangan di kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Nasib Digantung Seusai Libur Lebaran, Puluhan Buruh Geruduk PT GSP Sragen

“Kami sudah putuskan melalui [rapat koordinasi] rakor Satgas Covid-19, Kamis [10/6/2021]. Kami tetapkan per 1 Juli, hajatan itu kembali menerapkan konsep banyumili. Semuanya,” kata Bupati.

Rakor tersebut dihadiri Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo, Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, Kajari Karanganyar, Mulyadi Sajaen, Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo, dan anggota Satgas Penanganan Covid-19.

Bupati menyampaikan rakor tersebut membahas monitoring dan evaluasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar selama beberapa waktu terakhir. Data yang dihimpun Solopos.com dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar sejak Kamis-Sabtu (10-12/6/2021) terjadi penambahan ratusan kasus per hari.

Pada Kamis (10/6/2021) terjadi penambahan 108 kasus, Jumat (11/6/2021) tambah 121 kasus, dan Sabtu (12/6/2021) ada tambahan 117 kasus. “Setalah kami evaluasi, amati lonjakannya signifikan. Kami tindak lanjuti dengan pengetatan, penguatan kelembagaan tindakan [pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat] PPKM mikro, termasuk disiplin [protokol kesehatan] prokes. Kami juga menyemprotkan disinfektan secara masif, tidak kenal libur. Hla [persebaran] Covid -19 juga tidak kenal libur,” ungkap dia.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Karanganyar itu mempersilakan perangkat daerah menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat. Ditanya alasan dirinya kembali menerapkan konsep hajatan banyumili, politikus Partai Golkar itu mengungkapkan tidak ingin mengambil risiko lebih banyak.

“Karena konsep [hajatan] piring terbang itu terlalu banyak yang diabaikan. Saya berkali-kali lihat saat datang ke hajatan. Tempat duduk sudah ditata berjarak, jumlah tamu dibatasi, tempat cuci tangan, handsanitizer, thermogun sudah ada, tertib pakai masker. Tetapi saya deg-degan, khawatir saat piring terbang ada snack, makanan, sop. Itu pasti membuka masker,” jelas dia.

Yuli, sapaan akrabnya, menyebut potensi persebaran Covid-19 bisa muncul saat masyarakat membuka masker dan menyantap bersama-sama makanan. Dia mengaku sering menyampaikan kekhawatirannya itu saat menghadiri hajatan.

Baca Juga: Keren! Ini Produk Perusahaan Serat Terbaik Hindia Belanda di Wonogiri

“Saya umumkan di hajatan yang saya datangi. Sambil ceramah, ular-ular manten, saya ingatkan. Salah satunya agar hajatan cepat [selesai]. ‘Saat makan [masker dibuka], [selesai] masker dipakai lagi dan tidak boleh ngobrol.’ Demi kesehatan, saya minta tertib dan jangan sampai longgar. Oleh karena itu konsep banyumili [ini tepat],” tutur dia.

Pada akhir obrolan, Yuli menceritakan pertimbangan lain Pemkab Karanganyar kembali menerapkan konsep hajatan banyumili. “Ada klaster hajatan. Kemudian itu menular ke keluarga masing-masing. Yang hajatan ini kan bisa dari manapun, misal luar kota. Saat hajatan [piring terbang] diselenggarakan lama maka potensi penularan semakin besar terutama saat buka masker.”

Berita Terkait

Espos Premium

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Berita Terkini

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.

Tahun 2020, Ada 374 Pernikahan Anak di Bawah Umur di Sragen

Terjadi penurunan jumlah pernikahan dini di Sragen pada 2020. Meski demikia, angkanya masih tinggi.

Yang Ditunggu-tunggu, BST Mei-Juni 2021 untuk 30.806 Keluarga di Sragen Segera Cair

Pencairan BST di Sragen menunggu hasil verifikasi data dan akan dicairkan dengan dua metode, yakni pengantaran dan pembayaran pada komunitas mikro.

Kisah Mahasiswa Luar Daerah Jalani Isoman di Solo, Saling Menopang Untuk Bertahan

Menjalani isolasi mandiri (Isoman) dengan status mahasiswa indekos bukan perkara mudah untuk dijalani. Perhatian teman satu indekos menjadi penting karena warga sekitar tak terlalu perhatian.

Solo Istimewa, Tarik Banyak Pejabat Jakarta Datang

Pengamat politik, Agus Riewanto, menyebut faktor Presiden Jokowi menjadi salah satu alasan banyak pejabat yang berkunjung ke Kota Solo.

Parpol dan TNI/Polri Ramai-Ramai Bantu Warga Solo Terdampak PPKM Darurat

Selain menyasar petugas parkir dan penarik becak, bantuan sembako akan diberikan juga kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

3 Pekan Berturut-Turut Panglima TNI Kunjungi Solo, Ada Apa Ya?

Kunjungan pertama ke Solo dilakukan Panglima TNI bersama Kapolri, Jumat (9/7/2021), untuk mengecek Pos PPKM Darurat di Simpang Tiga Faroka.

Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Warga Wonogiri yang tengah menjalani isolasi mandiri alias isoman dan membutuhkan pasokan pangan bisa mendapatkan bantuan pangan secara gratis.

Awalnya Waswas Ada Patroli, Penjual Siomai Boyolali Senang Dapat Sembako dari Polisi

Bantuan dibagikan langsung oleh polisi kepada warga yang pada Jumat malam masih beraktivitas berjualan di wilayah Boyolali.

PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

PPKM berdampak besar pada okupansi kamar hotel, pembatalan event, hingga membuat para hotelier kembali harus mengalami unpaid leave.

Malam-Malam Kapolres dan Dandim Klaten Antarkan Bantuan ke Rumah Warga Terdampak Pandemi

Kapolres dan Dandim berangkat bersama dengan diiringi sejumlah anggota dari Mapolres Klaten menyusuri jalan di kawasan perkotaan.

Tetap Waspada! 43 Desa Di Karanganyar Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 43 desa di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar terkategori sebagai wilayah endemis demam berdarah dengue atau DBD

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Sukoharjo Gandeng Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Polres Sukoharjo menggandeng puluhan mahasiswa tingkat akhir dari sejumlah perguruan tinggi menjadi sukarelawan vaksinasi Covid-19.

Polisi Periksa 6 Saksi Kasus Suami Pasien Corona Ancam Nakes RSUD Ngipang Solo

Penyidik Polresta Solo sudah memanggil enam orang saksi dalam kasus suami pasien corona ancam nakes RSUD Ngipang, Banjarsari.

Target Pengujian Satu Per 1.000 Tiap Pekan

Peningkatan jumlah sampel pengujian menjadi pilihan paling logis untuk mengetahui persebatan Covid-19. Dinas Kesehatan Boyolali meningkatkan pengujian menjadi satu per 1.000 tiap pekan.

Ketimbang Uang, PKL Karanganyar Pilih Ini Untuk Kompensasi PPKM Darurat

Pedagang kaki lima atau PKL di Karanganyar berharap pemerintah tidak membuat kebijakan yang bikin pedagang tidak produktif saat PPKM darurat.

Siswa SMP di Boyolali Jadi Sasaran Vaksinasi, Bupati: Semoga Kasus Covid-19 Usia Remaja Turun!

Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali mulai menyasar siswa. Tahap pertama dilakukan di SMP Negeri 1 Boyolali, Jumat (23/7/2021).

Rel Layang Joglo Solo Bakal Dilengkapi Underpass, Kapan Mulai Dibangun?

Proyek pembangunan rel layang di simpang tujuh Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo, akan dilengkapi underpass di beberapa titik.

Kasus Covid-19 Diklaim Turun, Bupati Boyolali: Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendur

Penambahan jumlah kasus Covid-19 Boyolali diklaim sudah menurun namun Bupati tetap menekankan agar protokol kesehatan tak boleh kendur.

Inspiratif! Petani Muda Jatipurno Wonogiri Bagi-bagi 5.000 Bibit Sayuran untuk Warga Terdampak Covid-19

Seorang petani muda asal Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Tarmin berdonasi 5.000 bibit tanaman untuk warga terdampak Covid-19.

Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentari data tes harian Covid-19 Solo yang masuk peringkat ketiga tertinggi nasional.

Pentingnya Literasi Digital Agar Anak Jadi Sehat dan Tangguh

Ada dua pekerjaan rumah (PR) agar anak menjadi generasi sehat dan tangguh yang harus dicarikan solusinya, salah satunya literasi digital.

Bansos PPKM Darurat Untuk Pedagang Belum Ditentukan, Disdag Solo: Yang Penting Didata Dulu

Dinas Perdagangan Kota Solo sudah mulai mendata pedagang untuk pemberian kompensasi atau bansos PPKM darurat dan level 4.

Yeay, Puluhan Ribu KPM Karanganyar bakal Dapat Bantuan Tambahan Beras

Berdasarkan data yang dimiliki Dinsos Karanganyar, penerima tambahan bantuan beras merupakan keluarga penerima manfaat dari PKH dan BST.

RSST Klaten Dapat Bantuan Oksigen, Cukup untuk Kebutuhan 15 Jam

Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan bantuan oksigen medis. Bantuan oksigen itu berasal dari salah satu BUMN.

Kurang dari Sebulan, 1.337 Jenazah di Klaten Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 oleh Tim Kubur Cepat Kamboja Klaten selama kurang dari sebulan terakhir naik signifikan.

Tips Agar Anak Terhindar dari Kekerasan Saat Di Rumah Saja

Anak rentan menerima kekerasan baik fisik maupun psikis dari orang tua juga dari dunia maya, karena penggunaan gawai yang minim kontrol.

Partai Demokrat Sragen Buka Hik Gratis Untuk Warga, Ini Lokasinya

DPC Partai Demokrat Sragen membuka warung hik gratis bagi warga selama lima hari ke depan untuk membantu meringankan beban akibat pandemi.

Viral Warung Loji Lawas Solo Pasang Banner Tak Ada Yang Beli, Polisi Langsung Menyerbu

Warung kopi Loji Lawas Food and Caffee di Laweyan, Solo, viral setelah memasang banner minta aparat beli makanan secara takeaway.

Tempat Hiburan Malam di Sragen Disebut Kafe Lethong, Ternyata Begini Ceritanya

Kios di Sragen dibongkar oleh Satpol PP belum lama ini karena disalahgunakan sebagai tempat hiburan malam yang dikenal sebagai Kafe Lethong.

Respons Aduan PKL, Pemkab Sukoharjo Bareng Baznas Salurkan 5.010 Paket Sembako

Bantuan paket sembako diberikan dengan harapan meringankan beban para PKL Sukoharjo terdampak PPKM Darurat dan kini menjadi Level 4.

Tersenggol Truk Boks, Mobil Isuzu Panther Nyungsep Ke Selokan Di Jalan Solo-Semarang Boyolali

Mobil Isuzu Panther nyungsep ke selokan Jalan Solo-Semarang, Teras, Boyolali, setelah tersenggol truk boks yang menghindari mobil lain.

Catat Lur! Masa Pendaftaran CPNS dan PPPK di Karanganyar Diperpanjang

Masa pendaftaran formasi CPNS dan PPPK di Karanganyar diperpanjang dari semula Rabu (21/7/2021) menjadi hingga Senin (26/7/2021).

Tantangan Membangun Generasi Sehat dan Tangguh di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak, sehingga upaya membangun generasi sehat dan tangguh menjadi pekerjaan rumah (PR) orang tua.

Ratusan Napi dan Tahanan Sragen Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ratusan narapidana (napi) dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (23/7/2021).

Kasus Covid-19 di Klaten Meroket, Penanganannya Disamakan dengan Kudus

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait meroketnya kasus Covid-19 di Klaten. Ganjar menyebut penanganannya akan sama dengan Kudus beberapa waktu lalu.

Mulia, Warung Makan di Sragen Ini Gratiskan Makan Siang untuk Warga Isoman & Terdampak Covid-19

Warung Makan Djos Gandhos di Jirapan Masaran, Gemolong dan Gondang, Sragen, menyediakan makan siang gratis untuk warga yang sedang isoman di rumah dan warga terdampak PPKM.

Nama Sekda Sragen Dicatut Penipu, Pelaku Minta Cashback Dana Bansos

Nama Sekda Sragen, Tatag Prabowo, dicatut penipu yang meminta cashback dana bansos Covid-19.

IKA UNS Bergotong Royong Bantu Penanganan Covid-19

IKA UNS menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19” yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Viral! Pelanggan Anjlok Selama PPKM Darurat, Warung Kopi di Solo Pasang Banner Sebut-Sebut Aparat

Loji Lawas dan Loji Kopi, Laweyan, Solo, dalam beberapa terakhir sempat viral menyusul mmt yang terpasang di depan warung kopi itu.

Waspada! Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Sukoharjo

Persebaran Covid-19 varian Delta ditemukan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Aksi Polresta Solo Kirim Makanan untuk Nakes dan Salurkan Beras ke Warga

Polresta Solo merespons curhatan nakes yang kesulitan mencari makan malam karena penjual makanan tutup pada pukul 20.00 WIB selama PPKM Darurat.

Lagi Jadi Perbincangan, Tugu Perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY Ini Simpan Kisah Misteri

Karena bentuknya yang unik, tugu perbatasan Sukoharjo, Wonogiri dan DIY atau Tugu Jati Bedug ini menyimpan kisah misteri legendaris.

Klaten Kirim 50 Pasien Positif Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan

Puluhan pasien Covid-19 Klaten yang dikirim ke Donohudan berjenis kelamin laki-laki, berusia muda, dan tergolong orang tanpa gejala (OTG).

500 Aparat Keamanan Diterjunkan Jemput Paksa Pasien Covid-19 di Klaten

Sebanyak 500 aparat keamanan diterjunkan guna menjemput paksa pasien Covid-19 di Klaten, Jumat (23/7/2021).

Peternak Ayam Boyolali Keluhkan Permintaan Pasar Menyusut Gegara PPKM

Dengan adanya PPKM, penyerapan pasar terhadap hasil panen peternakan ayam Boyolali lebih rendah sehingga masa panen pun sampai mundur dua pekan.

Ada 750 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warga Karanganyar 12 Tahun ke Atas, Ini Cara Daftarnya

Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum berusia di atas 12 tahun di Karanganyar tersebut akan dilaksanakan mulai Senin (26/7/2021).

Nekat Beraktivitas meski Positif Covid-19, Tukang Parkir di Klaten Dijemput Petugas

Sempat terjadi perdebatan kecil antara tim gabungan dengan tukang parkir yang nekat beraktivitas di luar meski positif Covid-19.

Sekolah di Karanganyar dengan Murid di Bawah 60 Orang Siap-Siap Regrouping

Dasar pelaksanaan regrouping di Karanganyar, yakni berkaitan dengan ketentuan penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS).

Tempat Isoman Terpusat di Klaten Terisi Tapi Belum Maksimal, Polisi Siap-Siap Jemput Pasien Covid-19

Hasil inventarisi jumlah keterisian isoman terpusat di Klaten hingga Kamis (22/7/2021), dari 913 kapasitas tempat tidur baru terisi 128 orang.

Polres Wonogiri Door To Door Salurkan Beras untuk 1.200 Keluarga Terdampak Covid-19

Pembagian bantuan beras bagian dari kepedulian Polri untuk membantu warga yang terdampak ekonominya akibat badai pandemi Covid-19.

RSIS YARSIS Gelar Vaksinasi Karyawan Perusahaan Area Kartasura

Karyawan dari tujuh perusahaan di area Kartasura menjadi sasaran pemberian vaksin pada program vaksinasi tahap pertama di RSIS YARSIS.

Inflasi Solo Juli 2021 Diprediksi Rendah Dampak PPKM Darurat

Penerapan PPKM Darurat dinilai menurunkan mobilitas masyarakat sehingga memberikan tekanan inflasi rendah di Kota Solo pada Juli ini.

Begini Dukungan Penyintas Corona Alumni Donohudan untuk Pasien Covid-19

Sejumlah penyintas alumni Asrama Haji Donohudan saling berkomunikasi melalui media sosial setelah mereka sembuh dari paparan Covid-19.

Belum Divaksin Covid-19, Penyaluran Bansos Untuk Warga Jenar Sragen Ditunda

Bupati Sragen menginstruksikan agar penyaluran bantuan sosial untuk warga Desa Jenar yang belum divaksin Covid-19 ditunda terlebih dahulu.

Selvi Ananda Bacakan Buku Cerita, Respons Jan Ethes Bikin Gemas

Video Selvi Ananda membacakan buku cerita kepada anaknya, Jan Ethes, diunggah di kanal Youtube Dinas Pendidikan Kota Solo memperingati HAN.

Ini Kata Satgas Covid-19 Solo Soal Pasien Positif Corona Meninggal Saat Isoman

Satgas Penanganan Covid-19 Solo memberikan penjelasan tentang pasien positif corona yang meninggal dunia saat isoman di rumah.

OTG Atau Bergejala Ringan? Ini Daftar Tempat Isolasi Pasien Positif Corona Di Solo

Pemkot Solo telah menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien positif terpapar virus corona baik yang OTG maupun bergejala ringan.

Amplop Bansos Bertuliskan Nama Istri Bupati Karanganyar Sempat Bikin PKL Bingung

Amplop bansos bagi PKL terdampak PPKM darurat Karanganyar yang sebelumnya ada tulisan nama istri Bupati sudah diganti amplop putih polos.

Waduh! Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Pemkot Solo Terpaksa Tarik Tuas Rem

Stok vaksin Covid-19 Kota Solo terus menipis sehingga Pemkot terpaksa memperlambat laju vaksinasi dan menjadwal ulang untuk dosis kedua.

Kantor Imigrasi Solo Bagikan Sembako Untuk Warga Terdampak PPKM

Bantuan sembako dibagikan untuk masyarakat terdampak PPKM Level 4 di Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar, sekitar Kantor Imigrasi Solo.

Setelah Bikin Baliho Maki Pejabat, Kini Kades Jenar Sragen Ganti Kampanyekan Cegah Covid-19

Kades Jenar, Sragen, Samto, yang sebelumnya memasang baliho makian kepada pejabat kini kembali memasang baliho kampanyekan cegah Covid-19.

Bidan Desa di Klaten Rutin Pantau Pasien Covid-19 yang Isoman

Bidan Desa Sabrang, Wonosari, Klaten, Nurin Pratiwi, rutin memantau pasien Covid-19 di wilayahnya yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Gerakan Boyolali di Rumah Saja Diperpanjang, Sosialisasi ke Pedagang Pasar Dilakukan

Gerakan Boyolali di Rumah Saja kembali diperpanjang. Opreasional pasar tradisional di Boyolali pun akan menyesuaikan.

Mantul! Berawal dari Inisiasi ASN, Sragen Canangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen

Donor darah plasma konvalesen menjadi salah satu kontribusi yang bisa dilakukan para ASN Sragen yang menjadi penyintas Covid-19.

Tak Ada Pelamar, Pendaftaran Lelang Jabatan Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Diperpanjang

Pendaftaran lelang jabatan RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo, harus diperpanjang karena tidak ada pelamar yang memasukkan berkas.

Warga Positif Covid-19 Mulai Berdatangan Ke GOR Gelarsena Klaten

Tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena, Klaten, mulai terisi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang dari berbagai kecamatan.

Kepala Kejari Wonogiri: Hukuman Pelaku Kekerasan Seksual Anak Akan Diperberat!

Kejari Wonogiri berkomitmen memperberat hukuman pelaku kekerasan seksual terhadap anak guna menurunkan kasus pencabulan dan pemerkosaan.

Pedagang Pasar Nonesensial Terdampak PPKM Darurat Solo Didata, Segera Dapat Bantuan?

Para pedagang pasar nonesensial Kota Solo yang ditutup selama PPKM darurat didata, diduga untuk menerima bantuan atau kompensasi.

Kasus Perkosaan Siswi SD Oleh Pesilat Sragen Belum Ada Tersangka, Polisi Kekurangan Saksi?

Kasus perkosaan siswa SD oleh pesilat di Sukodono, Sragen, belum ada penetapan tersangka diduga karena polisi kekurangan saksi.

PPKM Darurat Diperpanjang, Aliansi Elemen Sukoharjo Adukan Nasib Ke DPRD

Perwakilan PKL, juru parkir, dan pelaku usaha Sukoharjo mendatangi DPRD untuk mengadukan nasib mereka terkait PPKM darurat yang diperpanjang.

Pengumuman! Akses Pintu Tol Gondangrejo Karanganyar Ditutup Total

Satlantas Polres Karanganyar memutuskan untuk menutup total akses melalui pintu tol Gondangrejo per Kamis (22/7/2021) hingga PPKM level berakhir.

Dokter RSUD Ngipang Solo Diancam Suami Pasien, Polisi Turun Tangan

Kasus dokter dan nakes RSUD Ngipang, Banjarsari, Solo, diancam oleh suami pasien positif corona ditangani oleh kepolisian.

Hasil Survei, Pengguna Menyatakan Sangat Puas Layanan KPPN Klaten

KPPN Klaten terus berupaya membangun inovasi layanan agar pendanaan program-program pemerintah berjalan sesuai harapan dan target.

Tolak Istrinya Dimakamkan Pakai Prokes, Suami Ngamuk Ancam Dokter RSUD Ngipang Solo

Suami pasien RSUD Ngipang Solo ancam dokter dan perawat lantaran tak mau istrinya yang meninggal positif corona dimakamkan pakai prokes.

Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Polres Klaten Sasar 3.300 Warga

Serbuan vaksinasi Covid-19 menyasar ke 3.300 orang di Mapolres Klaten, Kamis (22/7/2021). Terdiri dari dosis I berjumlah 3.000 dosis dan dosis II berjumlah 300 dosis.

Warga Desa Jenar Takut Ikut Vaksinasi Covid-19, Diduga Termakan Hoaks

Para warga lanjut usia di Desa/Kecamatan Jenar, Sragen, takut mengikuti program vaksinasi yang diadakan Pemkab Sragen, Kamis (22/7/2021).

Belum Sebulan, Kapolda Jateng Sudah 3 Kali ke Klaten, Kenapa Ya?

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi tercatat sudah tiga kali berkunjung ke Klaten kurang dari satu bulan terakhir.

Warga Ogah Antre Sembelihkan Hewan Kurban di RPH Dispertan Solo

Tercatat 100-an pendaftar hendak menyembelih hewan di RPH Dispertan Solo tapi banyak dari peminat yang membatalkan niatnya.

Wonogiri Juga Terapkan PPKM Level 4, Usaha Kuliner Belum Dilonggarkan

Pemkab Wonogiri belum memberikan kelonggaran usaha kuliner saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 25 Juli.

Cerita Warga di Karangdowo Klaten Diprimpeni hingga Bongkar Kuburan Istri untuk Lepas Tali Pocong

Kisah misteri tentang pengakuan warga Karangdowo, Klaten diprimpeni arwah sang istri yang meminta tali pocong-nya dilepas.

Rendang Kurban Lazismu Sragen Bisa Tahan 2 Tahun, Ternyata Ini Rahasianya!

Rendang dari daging kurban yang dikelola Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen ternyata bisa tahan hingga dua tahun lamanya.

Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner Kepelan khas Pedan Klaten memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga menjadi favorit para mahasiswa dan anak-anak.

Ternyata... Kuburan Warga di Karangdowo Klaten Dibongkar Gegara Tali Pocong Belum Dilepas

Kuburan warga di Karangdowo, Klaten, ternyata dibongkar karena tali pocong jenazah belum dilepas.

Serbuan Vaksin Covid-19 Oleh TNI dan Polri Sasar 1.000 Santri di Boyolali

Vaksinasi di Ponpes Al Huda Boyolali merupakan bagian program Serbuan Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan TNI sinergi dengan Polri dan ponpes.

Keliling Bawa Bronjong, Kapolsek Pasar Kliwon Solo Door To Door Bagikan Paket Sembako

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Achmad Riedwan Prevoost, membagikan paket sembako dengan mengendarai sepeda motor dinas kepolisian yang terpasang bronjong.

Keluarga Sering Diprimpeni, Kuburan Warga di Karangdowo Klaten Dibongkar

Kuburan warga di Karangdowo, Klaten, dibongkar karena tali pocong jenazah belum dilepas.

Putus Asa Sakit Menahun, Kakek-Kakek di Karangmalang Sragen Tenggak Racun Serangga

Kakek-kakek di Kecamatan Karangmalang, Sragen, nekat menghabisi nyawanya sendiri dengan cara menenggak racun serangga.

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Pemkab Sukoharjo Imbau ASN Sumbang Sembako Rp200.000

ASN di lingkungan Pemkab Sukoharjo diimbau gotong royong menyumbangkan paket sembako per orang senilai Rp200.000 bagi warga terdampak Covid-19.

Mulai Besok, Warga Klaten Terpapar Covid-19 Dijemput ke Tempat Isolasi Terpusat

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Rudianto, bakal memimpin manajemen kontingensi guna menekan ledakan kasus Covid-19 di Klaten

Penyekatan Jalan di Boyolali Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Penyekatan dan pengalihan jalan di Boyolali diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Hal tersebut menyesuaikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang juga diperpanjang.

Perpanjangan Pembatasan Diikuti Pengotimalan Isolasi Terpusat

Ketentuan pembatasan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Klaten masih berlaku hingga Minggu (25/7/2021). Sementara, mobilisasi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah ke tempat isolasi terpusat menjadi lebih masif.

Dewan Pendidikan Karanganyar Desak Disdikbud Lekas Regrouping SD, Ini Alasannya

Selain nasib guru, regrouping juga menyisakan persoalan lain, yaitu kondisi dan karakter wilayah sehingga harus dilakukan dengan hati-hati.

Kota Solo Lanjutkan PPKM Darurat Level Tertinggi, Ini Rencana Pelonggaran

Kota Solo termasuk level 4 atau tertinggi. Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan evaluasi pelaksanaan PPKM dilakukan pada 25 Juli 2021.

Klaten Masuk PPKM Level 4, Ketentuan Pembatasan Ini Berlaku hingga 25 Juli 2021

Ronny mengatakan ketentuan pembatasan yang sudah diterapkan selama PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 dipertahankan dan tidak ada perubahan sebelum 25 Juli.

Ada Temuan Cacing di Hati Sapi Kurban di Klaten

Petugas dari DPKPP Klaten menemukan adanya hati hewan kurban yang mengandung cacing saat disembelih.