MUKTAMAR NU : PPATK dan KPK Dinilai Perlu Terlibat dalam Pelaksanaan Muktamar NU

MUKTAMAR NU : PPATK dan KPK Dinilai Perlu Terlibat dalam Pelaksanaan Muktamar NU

SOLOPOS.COM -

Muktamar NU dijadwalkan berlangsung pada 1-5 Agustus 2015 di Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Solopos.com, SEMARANG-Langkah mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Muhammad Adnan maju sebagai calon ketua umum pengurus besar NU pada Muktamar 2015 semakin mantap.

Hal ini setelah Adnan mengklaim telah mendapatkan 31 dukungan suara yakni dari pengurus wilayah NU Jawa Tengah (Jateng) dan 30 pengurus cabang NU kebupaten/kota.

“Dari 37 suara NU di Jateng pada Muktamar mendatang, saya sudah mendapatkan 31 dukungan suara. Hanya ada lima-enam pengurus cabang yang tidak mendukung saya,” katanya kepada wartawan di Semarang, Minggu (24/5/2015).
Setelah mendapatkan dukungan mayoritas dari NU Jateng, lanjut dia akan bergerak melakukan safari untuk menggalang dukungan suara NU di provinsi lain sampai menjelang pelaksanaan Muktamar mendatang.

Muktamar NU dijadwalkan berlangsung pada 1-5 Agustus 2015 di Jombang, Jawa Timur (Jatim).

“Untuk dukungan suara di Jateng sudah selesai, tinggal menggalang dukungan provinsi lain,” tandas Adnan.
Adnan lebih lanjut menyatakan dirinya siap bersaing dengan dua calon kandidat ketua umum lainnya yakni patahana Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj dan Solahudin Wahid (Gus Solah) yang juga adik kandung almarhum K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Nama besar belum menjadi jaminan akan terpilih. Saya tidak gentar menghadapi,” tandasnya.

Adnan berharap pelaksanaan Muktmar NU mendatang bersih dari adanya permainan money politcs atau politik uang, serta lebih mengutamakan akhlakul karimah.

Guna mengantisipasi terjadinya politik uang, dia, mendorong keterlibatan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPP).
”PPATK, BPK, dan KPK bisa memeriksaan keuangan para kandidat calon ketua umum NU serta keuangan PBNU, supaya transparan,” tukas Adnan yang mengaku siap diudit keuangannya.

Secara terpisah, sesepuh NU Jateng, K.H. Dzikron Abdillah dan K.H. Achmad merestui pencalonan Adnan sebagai ketua umum PBNU pada Muktamar mendatang.

”Saya mendukung pencalonan Pak Adnan, karena dari segi kapasitas, kompetensi, dan pengalaman saat menjadi ketua PWNU Jateng baik sehingga layak menjadi ketua umum PBNU,” ujar Dzikron Abdillah yang juga ketua Ketua Jamiyyah Ahli Thoriqoh Annahdliyyah (JATMAN) NU Jateng.

Berita Terkait

Berita Terkini

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).