MUI Anggap Disertasi Seks di Luar Nikah Menyesatkan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kontroversi disertasi Abdul Aziz, mahasiswa doktoral di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, yang mengkaji pemikiran Muhammad Syahru tentang seks di luar nikah dalam syariat direspons Majelis Ulama Indonesia (MUI). Meski disertasi merupakan kajian akademik, MUI menganggap ide Syahrur tersebut sebagai pemikiran menyimpang.

Dewan Pimpinan Harian Majelis MUI Pusat pun mengeluarkan pernyataan. Isinya, MUI menilai disertasi tersebut bertentangan dengan Alquran dan sunnah, serta kesepakatan para ulama (Ijtima’ Ulama).

“Hasil penelitian saudara Abdul Aziz terhadap konsep milik al-yamin Muhammad Shahrour yang membolehkan hubungan seksual di luar pernikahan ini bertentangan dengan Alquran dan as-sunah serta kesepakatan ulama dan masuk dalam kategori pemikiran yang menyimpang [al-afkar al-munharifah] dan harus ditolak karena menimbulkan kerusakan [mafsadat] moral akhlak umat dan bangsa,” ungkap Wakil Ketua Umum MUI, Yunahar Ilyas di Gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta, Selasa (3/9/2019), yang dirilis di laman mui.or.id.

MUI, kata Yunahar, meyakini konsep hubungan seksual nonmarital atau di luar pernikahan tidak sesuai diterapkan di Indonesia. Konsep seperti ini, katanya, mengarah kepara praktik seks bebas yang bertentangan dengan ajaran agama, norma susila yang berlaku (urfan), dan norma hukum di Indonesia (qanunan). Aturan hukum itu antara lain UU No 1/1974 dan nilai-nilai Pancasila.

“MUI menyatakan bahwa praktik hubungan seksual nonmarital dapat merusak sendi kehidupan keluarga dan tujuan pernikahan yang luhur yaitu untuk membangun sebuah rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, tidak hanya untuk kepentingan nafsu syahwat semata,” kata dia.

Menurut Yunahar, MUI meminta masyarakat khususnya umat Islam untuk tidak mengikuti pendapat tersebut. Alasannya masyarakat dapat tersesat dan terjerumus ke dalam perbuatan yang dilarang oleh syariat agama.

Tak hanya itu, MUI juga menyesalkan para promotor dan penguji disertasi yang meloloskan disertasi tersebut. MUI menganggap mereka tidak memiliki kepekaan perasaan publik yang dapat menimbulkan kegaduhan dan merusak tatanan keluarga.

Ada Batasan

Namun dalam rilis tersebut, MUI tidak menyertakan kritik lebih detail terhadap pemikiran Syahrur khususnya tentang milk al yamin atau milkul yamin. Sebagai catatan, disertasi Abdul Aziz adalah mengkaji pemikiran Syahrur tentang milk al yamin.

Abdul Aziz membuat disertasi berjudul Konsep Milk Al Yamin Muhammad Syahrur Sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital. Dalam disertasi tersebut, Aziz mengatakan pendapat seks di luar nikah dalam batasan tertentu diperbolehkan dalam Islam.

Batas-batas tersebut yaitu harus berdasarkan kesepakatan dan tanpa paksaan maupun tipu muslihat, serta tidak boleh dengan dengan yang memiliki hubungan darah, berupa pesta seks, mempertontonkan kegiatan seks di depan umum, dan homoseksual. Disertasi itu berpijak pada pemikiran Muhammad Syahrur, cendekiawan muslim asal Suriah, dalam memandang konsep milk al yamin yang secara harfiah berarti kepemilikan tangan kanan.

Milk al yamin menjadi dasar perbudakan pada awal-awal perkembangan Islam. Aziz mengusung disertasi tersebut karena miris dengan kriminalisasi dan persekusi terhadap orang-orang yang melakukan hubungan seksual di luar nikah.

Saat ujian terbuka promosi doktor di UIN Sunan Kalijaga, Rabu (28/8/2019), Aziz mendapat nilai sangat memuaskan. Beberapa penguji memberikan kritik, misalnya ihwal konsep Milk Al Yamin ala Syahrur yang bias gender dan sulit dipraktikkan di Indonesia.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Suap Eks Penyidik KPK, Wali Kota Tanjungbalai Divonis Dua Tahun Penjara

Terbukti menyuap eks penyidik KPK asal Polri, Stepanus Robin Pattuju

Kasus Perusakan Makam di Polokarto Sukoharjo, Polisi Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi

Kapolres Sukoharjo meminta masyarakat jangan terprovokasi dengan adanya dugaan perusakan nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto.

Innalillahi, Ibunda Bupati Ponorogo Meninggal Dunia

Suyatun, ibunda Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko meninggal dunia, Senin (20/9/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Pasien Turun Signifikan, Isolasi Apung di Kapal Umsini Ditutup

Penurunan kasus positif Covid-19 dari sekitar 700 pasien per hari menjadi 70-80 pasien per hari

Sempat Jatuh, Pendaki asal Madiun Meninggal di Gunung Lawu Karanganyar

Seorang pendaki Gunung Lawu asal Madiun meninggal dunia setelah sempat jatuh dan tak sadarkan diri saat melakukan pendakian.

Duh, Ada Bupati Pecat Sekda karena Akan Jadi Rival di Pilkada

Bupati Sula mencopot Sekda tanpa izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Wuih Keren! BTS Kembali Tampil di Markas PBB

Tak hanya menyampaikan pidato, BTS juga menyanyi Permission to Dance di Markas Besar PBB.

Ibu Mertua Mantan Presiden SBY Berpulang di Usia 91 Tahun

Kendati begitu tidak disebutkan secara detail sakit yang diderita almarhumah.

Persijap Jepara Pun Targetkan Juara Liga 2

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mematok target tinggi Persijap Jepara juara Liga 2 2021.

Menggali Nilai-Nilai Pancasila dan Kebajikan Hidup dari Kota Lama Semarang

Direktorat Informasi dan Kominikasi Publik menggelar dialog interaktif menggali nilai-nilai Pancasila dan pelestarian dari Kota Lama Semarang.

Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

Rionny Mainaky mengaku percaya dengan kemampuan para young guns untuk unjuk gigi di Piala Thomas dan Piala Uber.

Warga Lereng Merapi-Merbabu Jadi Sasaran Vaksinasi, Segini Kuotanya

Percepatan vaksinasi direncanakan kembali dilakukan di Kecamatan Selo pada Selasa (21/9/2021). Vaksinasi akan dilakukan di semua desa dengan jumlah sasaran sekitar 1.500 sasaran.

Manga One Piece 1026 Lanjutkan Pertarungan Kaido

Dalam bagian awal manga One Piece 1026, kemungkinan pertarungan tiga lawan satu akan terjadi.

Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

Pemain maupun pelaksana pertandingan Liga 2 harus diseleksi lewat aplikasi PeduliLindungi.

Geram Proyek GOR Indoor Manahan Tak Selesai, DPRD Solo: Jangan Terulang Lagi!

Pimpinan DPRD Solo geram dengan pelaksanaan proyek lanjutan GOR Indoor Manahan yang tak selesai sesuai target.