SOLOPOS.COM - Muh. Samsuri (kedua dari kanan) berfoto bersama Ketua BPH Umuka, Ravik Karsidi (kanan); Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais,  seusai dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) periode 2022-2026, Sabtu (10/9/2022) di Kampus Umuka Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ketua Pimpinan Daerah (PDM) Kabupaten Karanganyar, Muh. Samsuri, dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) periode 2022-2026, Sabtu (10/9/2022). Sementara itu, Hassan Suryono juga dilantik sebagai Wakil Rektor I dan Sarilan M. Ali sebagai Wakil Rektor II.

Pelantikan dilakukan Wakil Ketua Majelis Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Khudzaifah Dimyati, di Kampus Umuka Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Samsuri dalam sambutan pelantikannya mengungkapkan di Muhammadiyah ada budaya tidak boleh meminta jabatan. Tetapi ketika diberi amanah tidak boleh menolaknya dan harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. “Maka dari itu, ayahanda kami, teman-teman kami, mohon bantu kami pimpinan Umuka dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Samsuri juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam pendirian Kampus Umuka. “Hingga saat ini sudah ada 300-an calon mahasiswa baru yang sudah melakukan registrasi,” imbuhnya seperti disampaikan dalam pers rilis kepada wartawan.

Baca Juga: Muhammadiyah Karanganyar Gelar Gerak Jalan Berhadiah Umrah, Siapa Pun Bisa Ikut

Ke depan, ia akan membangun kampus baru sebagai bagian dari pengembangan Umuka.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Tafsir, berharap rektor dan segenap pimpinan Umuka dapat mengembangankan kampus termuda di Muhammadiyah tersebut.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan perguruan tinggi akan berkembang ketika selalu berkolaborasi dengan pemerintah. “Harus terus bersenyawa dengan unsur-unsur yang ada di dalam pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pelantikan tersebut juga disampaikan sambutan oleh Adhrial Refaddin dari dari LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah dan Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais.

Baca Juga: Umuka Sediakan Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa, Segini Nilainya

Dahlan menyampaikan pentingnya keteladanan dalam sebuah kepemimpinan. “Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara menyatakan itu. Ing Ngarsa Sing Tuladha. Pak Rektor dan Wakil Rektor bersama dengan BPH [Badan Pengurus Harian] bersedia dan sanggup menjadi teladan,” ujar Dahlan.

Pelantikan itu juga dihadiri Ketua BPH Umuka Ravik Karsidi Karsidi, Pejabat Forkopimda Kabupaten Karanganyar, Pleno PDM Karanganyar dan pimpinan organisasi otonom.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya