SOLOPOS.COM - KABAR KABUR -- Tari tunggal <em>Kabar Kabur</em> ini ditampilkan Mugiyono Kasido di <em>Dublin Dance Festival</em> di Dublin, Irlandia. (mugidance.org)

Seniman tari Mugiyono Kasido mengusung dua karyanya ke Dublin Dance Festival di Dublin, Irlandia, 19 dan 20 Mei ini. Dua karyanya itu adalah Bagaspati dan Kabar Kabur, kesemuanya dalam bentuk tarian tunggal.

KABAR KABUR -- Tari tunggal Kabar Kabur ini ditampilkan Mugiyono Kasido di Dublin Dance Festival di Dublin, Irlandia. (mugidance.org)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nuri Aryati, produser dan program director Mugidance, kepada Espos yang menghubunginya, menjelaskan bahwa kedua karya itu yang dipilih untuk ditampilkan lantaran permintaan dari panitia festival. “Direktur festivalnya pernah menyaksikan Mas Mugi menampilkan kedua karya itu dan Mencari Mata Candi di Lincoln Center Festival di AS. Tapi dia lantas meminta hanya Bagaspati dan Kabar Kabur untuk ditampilkan di Dublin,” terang Nuri yang juga istri Mugiyono itu. “Mungkin pertimbangannya karena dua karya itu kontras, yang satu komedi, yang satu meditatif, tari solo, tapi sangat kuat karakternya,” paparnya.

Sementara seperti dijelaskan dalam www.mugidance.org, Bagaspati adalah karya tunggal dengan akar budaya Jawa yang kental. Karya ini berupa tari topeng masa kini diiringi gamelan kontemporer yang menggambarkan posisi matahari dalam kehidupan orang Jawa khususnya petani pedesaan. Karya ini diciptakan Mugi pada tahun 2000.

Sementara Kabar Kabur lebih bersifat sindiran terkait kasus pergolakan politik dan sosial bulan Mei 1999. Karya yang bernuansa komedi dan disajikan tanpa ilustrasi musik atau vokal ini menyentil soal serba tak jelasnya kondisi negeri saat jatuhnya rezim Orde Baru dan era sesudahnya. Karya ini sudah dipentaskan di lebih dari 17 negara di lima benua dengan jumlah pentas sekitar 130 kali dalam berbagai festival bergengsi.

bas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya