Tutup Iklan

Mudik Pakai Sepeda Motor, Simak Tips dari Honda Ini...

Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi dan budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan Idulfitri atau Lebaran. Tak terkecuali dengan Lebaran tahun ini.nnMeski pun melelahkan, banyak masyarakat di Indonesia yang melakukan mudik saat libur Lebaran. Perjalanan jauh pun harus ditempuh agar bisa merayakan hari raya bersama sanak saudara. Tak sedikit pula dari mereka yang melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Mudik Pakai Sepeda Motor, Simak Tips dari Honda Ini...

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. (Semarangpos.com-Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi dan budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan Idulfitri atau Lebaran. Tak terkecuali dengan Lebaran tahun ini.

Meski pun melelahkan, banyak masyarakat di Indonesia yang melakukan mudik saat libur Lebaran. Perjalanan jauh pun harus ditempuh agar bisa merayakan hari raya bersama sanak saudara. Tak sedikit pula dari mereka yang melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Nah, Astra Motor Jateng selaku dealer utama sepeda motor Honda di Jawa Tengah (Jateng) memiliki tips bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor agar mudik yang dijalankan bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Berikut tips yang harus dilakukan pemudik sepeda motor agar perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan menyenangkan:

Pertama, memilih rute dan waktu yang tepat untuk berangkat, di mana tempat beristirahat dan pemetaan medan jalan sehingga lebih waspada ketika melalui rute yang rawan kecelakaan. Selalu update informasi kondisi jalan melalui sumber terpercaya.

Kedua, persiapkan fisik dengan baik. Hindari konsumsi kafein yang berlebihan agar memiliki waktu tidur yang berkecupuan dan konsumsi air putih saat saur. Makan malam dan sahur yang bergizi, tambah dengan vitamin kalau merasa dibutuhkan. Bawa obat-obatan yang perlu untuk keperluan pribadi.

Ketiga, prioritaskan barang bawaan yang diperlukan. Sisanya, bisa dikirim via ekspedisi dan kemas barang bawaan dengan rapi serta selalu dalam pengawasan.

Keempat, selalu gunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Akan lebih baik jika melengkapi diri dengan decker pelindung untuk dada, siku dan lutut.

Kelima, periksa lebih dulu kondisi kendaraan. Fungsi kendaraan haruslah dalam kondisi baik saat melakukan perjalanan, seperti mesin, rem, roda, lampu dan klakson.

Keenam, simpan nomor-nomor telepon penting untuk keadaan darurat. Selain itu, jangan menerima telepon atau membalas chat sambil berkendara.

Ketujuh, bawa peralatan darurat untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Simpanlah di bagasi serta bawa uang cash secukupnya. Simpan juga surat-surat kelengkapan berkendara, seperti SIM dan STNK di kantung plastik agar tidak basah saat hujan.

Terakhir, siapkan mental dan tinggalkan emosi. Harus sabar dan santun di jalan, berbuat baik dan menikmati perjalanan untuk mudik yang lebih ceria dan menyenangkan.

“Selalu berdoa saat memulai perjalanan supaya diberikan kelancaran selama berkendara, jangan tergesa-gesa, dan jangan lupa, cari aman di hari kemenangan,” ujar Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, Selasa (28/5/2019).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Innalillahi, Sesepuh Dalang Klaten Ki Tomo Pandoyo Meninggal Dunia

Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Hajatan pernikahan di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, karena melanggar SE Bupati tentang PPKM.

Tabuh Genderang Perang, Petani Miri Sragen Bisa Basmi 26.516 Ekor Tikus

Sebanyak 1.150 petani di lima desa di Kecamatan Miri, Sragen, menabuh genderang perang melawan koloni tikus melalui kegiatan geropyokan yang digelar Minggu (20/6/2021) pagi.

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).