Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. (Semarangpos.com-Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi dan budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan Idulfitri atau Lebaran. Tak terkecuali dengan Lebaran tahun ini.

Meski pun melelahkan, banyak masyarakat di Indonesia yang melakukan mudik saat libur Lebaran. Perjalanan jauh pun harus ditempuh agar bisa merayakan hari raya bersama sanak saudara. Tak sedikit pula dari mereka yang melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Nah, Astra Motor Jateng selaku dealer utama sepeda motor Honda di Jawa Tengah (Jateng) memiliki tips bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor agar mudik yang dijalankan bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Berikut tips yang harus dilakukan pemudik sepeda motor agar perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan menyenangkan:

Pertama, memilih rute dan waktu yang tepat untuk berangkat, di mana tempat beristirahat dan pemetaan medan jalan sehingga lebih waspada ketika melalui rute yang rawan kecelakaan. Selalu update informasi kondisi jalan melalui sumber terpercaya.

Kedua, persiapkan fisik dengan baik. Hindari konsumsi kafein yang berlebihan agar memiliki waktu tidur yang berkecupuan dan konsumsi air putih saat saur. Makan malam dan sahur yang bergizi, tambah dengan vitamin kalau merasa dibutuhkan. Bawa obat-obatan yang perlu untuk keperluan pribadi.

Ketiga, prioritaskan barang bawaan yang diperlukan. Sisanya, bisa dikirim via ekspedisi dan kemas barang bawaan dengan rapi serta selalu dalam pengawasan.

Keempat, selalu gunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Akan lebih baik jika melengkapi diri dengan decker pelindung untuk dada, siku dan lutut.

Kelima, periksa lebih dulu kondisi kendaraan. Fungsi kendaraan haruslah dalam kondisi baik saat melakukan perjalanan, seperti mesin, rem, roda, lampu dan klakson.

Keenam, simpan nomor-nomor telepon penting untuk keadaan darurat. Selain itu, jangan menerima telepon atau membalas chat sambil berkendara.

Ketujuh, bawa peralatan darurat untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Simpanlah di bagasi serta bawa uang cash secukupnya. Simpan juga surat-surat kelengkapan berkendara, seperti SIM dan STNK di kantung plastik agar tidak basah saat hujan.

Terakhir, siapkan mental dan tinggalkan emosi. Harus sabar dan santun di jalan, berbuat baik dan menikmati perjalanan untuk mudik yang lebih ceria dan menyenangkan.

“Selalu berdoa saat memulai perjalanan supaya diberikan kelancaran selama berkendara, jangan tergesa-gesa, dan jangan lupa, cari aman di hari kemenangan,” ujar Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, Selasa (28/5/2019).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten