SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil listrik. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat mudik dengan mobil listrik supaya perjalanan aman dan nyaman.

Mobil listrik tengah menjadi tren di dunia otomotif sekaligus moda transportasi yang mewarnai mudik tahun ini. Mengendarai mobil untuk mudik dengan rute perjalanan yang panjang memerlukan kesiapan dan perhatian ekstra. Para pengendara wajib mengetahui kondisi mobil serta memperhatikan konsumsi energi untuk mobil listrik, karena berbeda dari mobil konvensional.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Bahkan, tidak sedikit orang yang ragu mengendarai mobil listrik untuk perjalanan jauh. Kebanyakan khawatir dengan kendala yang dihadapi saat perjalanan, seperti kesulitan menemukan Stasiun Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga komponen mobil yang mengalami kerusakan. Untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman beberapa hal yang perlu diperhatikan :

 

1. Daya baterai mobil

Sebelum memutuskan untuk pulang kampung untuk Lebaran menggunakan mobil listrik pastikan untuk memperhatikan baterai yang menjadi komponen utama kendaraan. Jarak tempuh yang tinggi dan daya jelajah yang terbatas tentunya wajib diwaspadai oleh pemilik kendaraan listrik masa depan ini.

 

2. Perencanaan rute perjalanan

Untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman, sebaiknya untuk merencanakan rute perjalanan mudik yang ingin dilewati.

 

3. Membawa peralatan cadangan

Peralatan cadangan saat mudik dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kendala saat perjalanan mudik. Pemilik kendaraan perlu menyediakan peralatan cadangan, seperti kabel pengisian, portabel dan baterai tambahan.

 

4. Mengetahui lokasi SPKLU

Saat mudik lebaran nanti, pengguna mobil listrik bisa menemukan SPKLU di beberapa titik yang tersebar. PT PLN (Persero) telah menghadirkan kenyamanan bagi pengguna kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga 1.081 unit.  Selain itu, pemilik mobil listrik juga dapat melakukan pengisian daya di beberapa kantor cabang PLN.

Namun, lokasi SPKLU terdekat lokasi saat mudik juga dapat dicari secara online menggunakan smartphone melalui aplikasi PLN Mobile.

 

4. Memperhatikan batasan kecepatan mobil

Selanjutnya, hal wajib yang perlu diperhatikan saat hendak mudik adalah batas kecepatan mobil. Hal ini untuk menghindari baterai yang cepat habis, jangan sampai overcharge atau terlalu sering mengisi ulang daya baterai mobil listrik karena akan memperpendek umur baterai.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kiat Aman Mudik dengan Mobil Listrik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya