SOLOPOS.COM - Ilustrasi perlengkapan mobil saat mudik lebaran. (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah sudah memperbolehkan mudik pada Lebaran 2022 setelah dua tahun sebelumnya tidak diperbolehkan akibat pandemi Covid-19. Bagi Anda yang ingin mudik lebaran naik mobil pribadi, sebaiknya persiapkan kendaraan sebaik mungkin.

Jangan sampai kendaraan bermasalah di jalan sehingga perjalanan mudik ke kampung halaman jadi terganggu. Berikut ada lima perlengkapan yang wajib ada dalam mobil Anda saat mudik seperti dikutip dari Auto2000.co.id.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

1. Ban Serep dan Dongkrak

Ban serep dan dongkrak menjadi dua barang yang harus dibawa. Saat ini semua mobil sudah dilengkapi ban serep tersendiri. Anda juga harus memastikan tersedianya dongkrak di dalam mobil.

Ban mobil yang bocor dapat segera diganti menggunakan ban serep tersebut. Namun ban serep tidak bisa menggantikan peran ban utama untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mudik Lebaran Naik Bus Double Decker Jakarta-Solo, Ini Harga Tiketnya

2. Toolkit

Toolkit merupakan kotak berisi berbagai perkakas untuk keadaan darurat. Beberapa perkakas yang biasanya ada di toolkit mencakup pisau lipat, gunting, tang, kunci L, obeng, kunci inggris, kabel, selotip, lakban, cable ties, hingga senter.

Pastikan isi toolkit lengkap agar jika ada keadaan darurat maka dapat digunakan. Agar saat terjadi masalah atau kejadian tidak terduga, isi toolkit bisa dimanfaatkan.

3. Alat Navigasi

Perjalanan menuju ke kota tujuan belum tentu Anda hafal seluruh rute perjalanan yang akan ditempuh. Itulah mengapa dibutuhkan bantuan petunjuk jalan dari alat navigasi. Bisa menggunakan aplikasi map di smartphone Anda.

Baca juga: 10 Pejabat Terkaya Indonesia: Sandiaga Top, Prabowo Salip Luhut

4. Kotak P3K

Menjaga kondisi kesehatan sebelum perjalanan memang sangat penting, kendati bisa juga kondisi kesehatan terganggu saat perjalanan. Inilah fungsi kotak P3K yang berisi obat demam, pusing, batuk, diare, hingga plester dan koyo. Jadi cek isi kotak P3K sebelum mudik ya.

5. Kunci Setir

Kunci setir penting untuk dibawa karena ketika berhenti di tengah perjalanan, maka Anda sebaiknya mengunci setir terlebih dahulu sebelum ditinggal pergi. Hal ini penting untuk dilakukan agar tetap menjaga keamanan mobil karena kita tidak tahu bagaimana kondisi keadaan sekitar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya