SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gerbang Tol Otomatis (GTO) Boyolali. (Dok.SoloposTV)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik ke kampung halaman pada Lebaran 2022. Berbagai persiapan pun dilakukan mulai sekarang, ada yang menggunakan transportasi umum ada juga kendaraan pribadi.

Kendaraan pribadi seperti mobil ada dua pilihan, yakni melalui jalan raya non tol dengan risiko terjadinya macet di sejumlah ruas jalan, atau memilih jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Apalagi saat ini pemerintah telah membangun jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dari Jakarta – Solo hingga Surabaya. Nah bagi yang mau mudik dari Jakarta ke Solo, perlu berhitung juga biaya tol dari Jakarta ke Solo.

Baca juga: Mau Mudik? Awas Titik Rawan Macet di Jalan Tol Trans Jawa

Kendati demikian Anda yang mau mudik menggunakan kendaraan pribadi bisa mempertimbangkan terlebih dahulu. Seperti dikutip dari Auto2000.co.id dan Cintamobil.com, jika memilih mudik melalui jalan raya non tol akan memakan waktu lama.

Memang tidak membayar tarif tol, namun biaya BBM bisa nambah karena waktu tempuh dan kemungkinan adanya kemacetan. Jika melalui jalan tol tentu jika Anda mudik dari Jakarta ke Solo harus menyiapkan dana untuk biaya tol dari Jakarta ke Solo.

Apalagi beberapa waktu lalu pemerintah telah menyesuaikan tarif tol sehingga ada kenaikkan tarif di beberapa ruas tol Trans Jawa. Atau Anda bisa mencoba mengkombinasikan perjalan mudik melalui jalan raya non tol dan melalui jalan tol. Tentu resikonya jika terkena macet perjalanan lebih lama.

Baca juga: SPBU Paling Lengkap Warna Merah, Biru atau Hijau? Ini Penjelasannya

Ketika memilih mudik melalui jalan tol terus berapa biaya tol dari Jakarta ke Solo. Diketahui pada akhir Juni 2021 ada kenaikan tarif ruas tol Semarang-Solo. Kenaikan Rp9.500 sehingga dari sebelumnya Rp65.000 menjadi Rp75.000.

Kemudian Agustus 2021 ada kenaikan tarif tol Pemalang – Batang dari sebelumnya Rp39.000 menjadi Rp45.000, Batang – Semarang dari sebelumnya Rp 75.000 menjadi Rp 86.000. Lalu tarif tol Solo – Ngawi dari sebelumnya Rp 86.500 menjadi Rp 104.500.

Baca juga: Kemenhub Perkirakan 29-30 April 2022 Puncak Arus Mudik

Nah total biaya tol dari Jakarta ke Solo mari kita hitung setelah ada penyesuaian tariff berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Tol Jakarta-Cikampek Rp20.000, Cikopo-Palimanan Rp119.000, Palimanan-Kanci Rp12.500, Kanci-Pejagan Rp29.500.

Tarif tol Pejagan-Pemalang Rp60.000, Pemalang-Batang Rp45.000, Batang-Semarang Rp86.000, dan Semarang-Solo Rp75.000. Sehingga jika ditotal biaya tol dari Jakarta ke Solo, adalah Rp447.000. Untuk itu siapkan kartu e-tol Anda dan isi saldo lebih banyak untuk biaya tol. Selamat Mudik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya