Mudik Lewat Solo? Waspadai Jalur Tengkorak Ini

Jl. Ahmad Yani Solo menjadi jalur tengkorak yang harus diwaspadai para pengendara yang melintasi Kota Solo saat arus mudik maupun balik Lebaran 2019 nanti.

Mudik Lewat Solo? Waspadai Jalur Tengkorak Ini

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SOLO -- Jl. Ahmad Yani Solo menjadi jalur tengkorak yang harus diwaspadai para pengendara yang melintasi Kota Solo saat arus mudik maupun balik Lebaran 2019 nanti.

Di ruas jalan ini ada dua lokasi yang sangat rawan kecelakaan yakni di sekitar pertigaan Kampus Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo dan sekitar Pertigaan Ganesha dekat Pasar Mebel Banjarsari. Hal itu berdasarkan pengalaman Lebaran 2017 dan 2018 lalu.

“Persimpangan depan UTP rawan karena merupakan jalur cepat, menikung, serta ada pertigaan menuju Pasar Depok. Karakteristik jalur itu pun menyempit dan rimbun pepohonan sehingga sedikit gelap. Sedangkan di Pertigaan Ganesha tanjakan,” ujar Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, Jumat (24/5/2019).

Busroni menjelaskan Jl. Ahmad Yani di Pertigaan Ganesha hingga Pasar Mebel menikung dan tidak rata (tanjakan) sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Selain kondisi itu di Pertigaan Ganesha jalurnya bercabang yang memisahkan dari Jl. Ahmad Yani.

“Dua jalur dipisahkan garis markah, pemukiman di kanan-kiri lokasi sehingga banyak keluar masuk kendaraan dari area permukiman,” kata dia.

Di jalur itu pengendara dari arah barat cenderung memacu kendaraan dengan kencang dari Perempatan Ngemplak karena mulai dari Perempatan Ngemplak hingga Pertigaan Ganesha dan Pasar Mebel kondisi jalurnya mulus, menikung, dan menanjak.

Berdasarkan data di Satlantas Polresta Solo, kecelakaan lalu lintas di dua ruas jalan tersebut kerap terjadi pada malam hari. Selain dua lokasi itu, menurut Busroni, ada juga beberapa ruas jalan lain di Kota Bengawan yang harus diwaspadai karena rawan kecelakaan.

Misalnya Jl. Sumpah Pemuda di Mojosongo. Di jalur itu pernah terjadi kecelakaan maut melibatkan beberapa kendaraan bermotor. Truk tronton hilang kendali dan menabrak beberapa sepeda motor pada 6 Maret 2019.

Tujuh kendaraan bermotor berupa truk, mobil, dan sepeda motor, tertabrak truk tronton yang hilang kendali. Empat orang meninggal dunia dalam insiden kecelakaan lalu lintas yang menggemparkan wong Solo saat itu.

“Kami mengimbau sebelum perjalanan mudik periksa kondisi kendaraan, pastikan dalam kondisi prima. Bila ngantuk di jalan istirahat saja,” seru dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).