Pengguna jalan melintas di dekat rambu-rambu peringatan bahaya longsor pada jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB), Desa Genting, Cepogo, Boyolali, Senin (20/5/2019). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI -- Perbaikan jalan di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) Boyolali berupa pengecoran sudah tuntas sejak 2018 dan siap dilalui pemudik menjelang Lebaran 2019.

Sepanjang pintu masuk SSB di kawasan Boyolali hingga perbatasan Magelang dari kilometer 38 hingga kilometer 53 semuanya sudah selesai dicor. Namun demikian, pemudik tetap harus berhati-hati karena jalur ini rawan longsor.

Jembatan Grawah di Desa/Kecamatan Cepogo yang putus pada 2017 silam kini sudah diganti dengan jembatan baru di sisi jembatan lama. Sebelum diperbaiki, selama dua tahun arus lalu lintas di jembatan ini sedikit tersendat.

Pengguna jalan dari dua arah harus berjalan bergantian melewati jembatan darurat yang bisa dilalui satu lajur kendaraan. Sedangkan pada arus mudik tahun ini, pengguna jalan mungkin akan terkendala keramaian arus lalu lintas akibat aktivitas warga masyarakat di sekitar Pasar Cepogo.

Selain itu, pengguna jalan juga harus memastikan kondisi kendaraan karena jalur ini penuh tikungan dan tanjakan. Pengawas proyek Bina Marga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk jalur SSB, Sumarwan, mengatakan meskipun jalan sudah mulus, pengguna jalan tetap harus berhati-hati dan selalu waspada atas potensi tanah longsor.

“Semua proyek fisik jalan sudah selesai dan tahun ini jalur SSB sudah siap menyambut pemudik. Tapi perlu kami ingatkan agar pengguna jalan tetap berhati-hati karena meskipun musimnya sudah seperti mau kemarau, tapi kadang-kadang hujan masih terjadi sehingga rawan longsor,” ujarnya, Senin (20/5/2019).

Sementara itu, berdasarkan pantauan Solopos.com di jalur mudik lain yakni Jl. Perintis Kemerdekaan, Boyolali, kondisi jalan cukup bagus. Pengguna jalan hanya perlu berhati-hati saat melintas di bangjo Stadion Sonolayu karena jalan dari arah timur bergelombang.

Sedangkan jalan Sololayu-Pasar Ngangkruk-Klaten juga dalam kondisi baik, namun masih terdapat beberapa lubang-lubang yang perlu diwaspadai pengguna jalan.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten