Ilustrasi mudik (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo memberikan perhatian khusus di pintu keluar (exit) tol Ngasem karena dikhawatirkan akan menjadi titik pemicu kemacetan arus lalu lintas hingga ke kawasan Kartasura, Sukoharjo, saat mudik Lebaran 2019.

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indriyanto saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/5/2019), mengatakan potensi kemacetan dikhawatirkan terjadi jika kendaraan berbarengan keluar dari exit tol Ngasem.

"Lokasi yang diwaspadai rawan kemacetan adalah Kartasura karena dekat dengan exit tol Ngasem," kata dia.

Selain Kartasura, potensi kemacetan juga dipetakan di wilayah persimpangan Kadilangu. Dia mengatakan persimpangan Kadilangu yang merupakan jalur alternatif menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah Kartasura ke Grogol serta Grogol ke Baki, Klaten, maupun Yogyakarta.

Kondisi ini rawan memicu penumpukan kendaraan di kawasan tersebut. Manajemen rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi tersebut. Salah satunya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas.

Namun demikian pengalihan arus lalu lintas diberlakukan situasional dengan melihat kondisi. Koordinasi dengan jajaran Polres Sukoharjo dan instansi terkait terus dilakukan dalam upaya penyiapan manajemen lalu lintas selama musim mudik Lebaran.

"Misalnya jika terjadi penumpukan kendaraan maka traffic light akan diatur ulang sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang parah," katanya.

Kesiapan lainnya juga telah dilakukan Dishub dengan memasang rambu-rambu lalu lintas seperti petunjuk jalur alternatif dan lain sebagainya. Pemasangan rambu tersebut diharapkan membantu para pemudik saat melintas di Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi memetakan empat lokasi rawan macet yang diperkirakan terjadi pada puncak beban arus mudik maupun Lebaran di Sukoharjo. Empat lokasi ini tersebar di kawasan simpang Lima Sukoharjo, Solo Baru, simpang tiga Kartasura dan Penggung.

Kartasura merupakan titik krusial penghubung antara wilayah Solo-Yogyakarta, Yogyakarta-Semarang, dan Solo-Semarang. Beberapa potensi kemacetan dipetakan merujuk pengalaman Lebaran tahun lalu.

"Ada empat lokasi yang kami petakan rawan macet selama Lebaran. Untuk mengantisipasi akan dibangun empat pos pengamanan di wilayah-wilayah itu," kata Kapolres.

Pospam Lebaran tersebut masing-masing di simpang lima Sukoharjo, Patung Pandawa Solo Baru, Eks Terminal Kartasura, dan Sanggung. Pospam Sanggung merupakan pos perbatasan dengan Klaten. Pospam tersebut merupakan titik baru pergeseran dari sebelumnya di Ngasem, Kartasura.

Pergeseran tersebut dilakukan menindaklanjuti fenomena tahun lalu, di mana terjadi kemacetan luar biasa di simpang tiga Kartasura. "Kemacetan tahun lalu didominasi kendaraan lokal dari Yogyakarta dan Solo sehingga memerlukan upaya ekstra untuk mencairkan arus, bahkan sampai dini hari," jelasnya.

Dengan pertimbangan ini, Kapolres menggeser Pospam yang biasanya di Ngasem ke Sanggung. Langkah ini guna mengantisipasi arus kendaraan dari Yogyakarta-Solo atau sebaliknya. Diharapkan pola tersebut tepat dan dapat membantu masalah kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten