SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Mudik Lebaran Dinkesa Jawa Tengah akan memeriksa sopir bus di 12 terminal utama. 

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sopir bus angkutan Lebaran di 12 terminal utama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinkes Jawa Tengah (Jateng) Yulianto Prabowo mengatakan pemeriksaan kesehatan sopir bus ini untuk mencegah terjadinya risiko kecelakaan di jalan raya.

“Ini [pemeriksaan kesehatan sopir bus] merupakan kegiatan rutin dilakukan menjelang Lebaran guna memastikan kesehatan sopir bus dalam kondisi sehat,” katanya di Semarang, Jumat (10/7/2015).

Pemeriksaan terhadap sopir bus angkutan Lebaran, lanjut dia akan dilakukan di 12 kabupaten/kota utamanya yang memiliki terminal besar, antara lain Terboyo Semarang, Tirtonadi Solo, Pekalongan, Tegal, dan Purwokerto.

Pemeriksaan meliputi tensi darah, gula darah, kolesterol, kesehatan mata, dan lainnya.
Jika diketahui ada soir yang tidak memenuhi standar kesehatan, sambung Yulianto maka langsung dilakukan tindakan penanganan medis. “Bila melibatkan sopir angkutan, maka akan direkomendasikan untuk tidak dipekerjakan sementara oleh pemilik perusahaan otobus [PO],” tandasnya.

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap para sopir bus angkutan Lebaran tersebut, Dinkes Jateng menjalin kesepakatan dengan PO terkait. Yulianto menambahkan selama arus mudik dan balik Lebaran membuka pusat komando (posko) kesehatan di terminal serta sejumlah jalur strategis. “Kepada rumah sakit yang berada di jalur utama untuk tetap buka selama 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya