SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rest Area (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan atau Dishub Solo berencana tetap mendirikan posko mudik atau rest area saat mudik Lebaran 2022 nanti. Namun, jumlahnya tidak akan sebanyak tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

Tahun ini Dishub hanya akan membangun satu rest area yakni di Jl Ir Sutami, Jurug, Jebres, Solo. Hal tersebut disampaikan Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, saat diwawancarai Solopos.com di Stasiun Solo Balapan, Kamis (7/4/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hari mengatakan sementara ini hanya ada persiapan pendirian satu rest area. Padahal tahun-tahun sebelumnya, Dishub menyediakan tiga rest area saat mudik 2019. Bahkan pernah Dishub membuka enam rest area pada 2017.

Baca Juga: Cek Lur! Ini Perkiraan Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 di Solo Versi KAI

Pengurangan jumlah rest area Dishub Solo saat arus mudik Lebaran 2022 nanti, menurut Hari, lebih karena keterbatasan area. “Kami persiapan ada pos istirahat satu. Karena keterbatasan lokasi, enggak enam lagi,” jelas Hari.

Hari menambahkan mestinya ada rest di setiap pintu masuk Kota Solo yang berbatasan dengan kabupaten tetangga. Dishub Solo akan meninjau kembali terkait pendirian rest area tersebut. “Jurug itu kan yang masih ada area. Setiap perbatasan harusnya ada, tapi kalau tidak memungkinkan, ya kita lihat dulu,” jelasnya.

Sebelumnya, Dishub Solo pada 2017 menyiapkan enam rest area masing-masing di kawasan Jurug Jl Ir Sutami, Terminal Tirtonadi, Jl Adisucipto, Jl Bhayangkara, Tanjung Anom di Jl Yos Sudarso, dan Palang Joglo di Kelurahan Kadipiro.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Ini Daftar Harga Tiket Pesawat Jakarta-Solo

Pos Induk

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan selain satu rest area akan ada satu pos induk di Kantor Dishub Solo, Jl Menteri Supeno No 7, Manahan, saat arus mudik Lebaran nanti. “Ya betul, hanya ada satu pos rest area dan satu pos induk di kantor Dishub Solo,” jelas Ari saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Ari mengatakan satu-satunya rest area di Jurug, Jebres, Solo, akan dimulai maksimal H-7 atau H-8 Lebaran. “Ya, [di daerah Jurug, Jebres]. Yang pasti [pendirian rest area] lebaran kurang tujuh hari [H-7] sampai dengan Lebaran hari ketujuh sudah terpasang. Mungkin akan kami pasang H-8,” imbuhnya.

Baca Juga: Pelonggaran Aturan Mudik Lebaran Bikin Wali Kota Solo Gibran Optimistis

Ari mengatakan tidak ada penyekatan di wilayah perbatasan Kota Solo seperti pada arus mudik Lebaran dua tahun terakhir. Menurut Ari, kepolisian juga telah menyampaikan tidak adanya penyekatan.

Hanya, kepolisian kemungkinan akan pengambilan sampel swab bagi pengendara atau pemudik yang melintas. “Tidak ada peyekatan lho. Mungkin kepolisian akan ambil sampel, tapi ini bukan ranah kami,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya