SOLOPOS.COM - Tol ruas Purworejo-Wilangan, Kabupaten Madiun, siap dilintasi pemudik dari arah barat menuju ke arah timur atau Surabaya, Selasa (20/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Mudik Lebaran 2017, jalan tol ruas Purworejo-Wilangan hanya difungsikan saat jalan utama di Saradan macet.

Madiunpos.com, MADIUN — Jalur tol ruas Purworejo-Wilangan secara resmi dibuka bagi pemudik, Selasa (20/6/2017). Namun, ruas jalan ini hanya difungsikan saat kondisi di jalan utama Madiun-Ngawi macet.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pantauan Madiunpos.com di ruas tol Purworejo-Wilangan, masih banyak material bangunan yang menumpuk di pinggir jalan. Pintu masuk tol juga masih ditutup dengan pembatas jalan.

“Hari ini merupakan hari pertama pembukaan jalan tol ruas Purworejo-Wilangan. Seluruh fisik sudah disiapkan dan siap dilalui pemudik,” kata Direktur Teknik PT Ngawi Kertosono Jaya, Yudhi Dharmawan, kepada wartawan.

Yudhi menuturkan pihaknya hanya menyiapkan fisik tol tersebut. Untuk fungsionalisasi jalan bebas hambatan itu sepenuhnya diserahkan kepada Polres Madiun.

Ruas tol Purworejo-Wilangan hanya difungsikan pada saat jalan utama Madiun-Ngawi mengalami kemacetan. Sehingga kendaraan dari arah barat ke timur dialihkan melalui lewat jalan tol. “Dengan melalui jalan tol diharapkab bisa mengurangi kemacetan yang ada di jalan utama,” ujar dia.

Dia menuturkan kondisi jalan yang difungsikan memang belum selesai dibangun. Namun, ia memastikan infrastruktur jalan tol di ruas tersebut kuat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kami kan memiliki spesifikasi tersendiri mengenai jalan tol. Yang pasti jalan tersebut tidak rusak jika digunakan pemudik,” jelas Yudhi.

Untuk jalan tol ruas Ngawi-Madiun, kata dia, juga hanya dibuka saat kepadataan arus lalu lintas di jalan utama terjadi. Namun, jika tidak seluruh pemudik tetap melalui jalan utama.

Dengan difungsikannya jalur tol Ngawi-Wilangan diharapkab bisa mengurangi beban di ruas jalan nasional sekitar 30% sampai 40% pada hari sebelum dan setelah Lebaran. Hal ini karena jalan tol fungsional ini mereduksi perlintasam kereta api di tiga lokasi.

“Jalan tol ini hanya difungsikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya