SOLOPOS.COM - Petugas menurunkan kendaraan sepeda motor milik peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub. Sebanyak 120 sepeda motor sudah tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Rabu (21/6/2017) pukul 07.00 WIB. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2017, motor pemudik gratis telah tiba di Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI — Pengambilan kendaraan milik peserta mudik gratis yang telah tiba di Wonogiri dilayani mulai Jumat (23/6/2017). Pada Rabu (21/6/2017) sekitar pukul 07.00 WIB, sebanyak 120 kendaraan sepeda motor telah tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masih ada 197 sepeda motor lain yang menuju ke Wonogiri. Koordinator mudik sepeda motor gratis wilayah Wonogiri, Yulius Angga, mengatakan jumlah sepeda motor diikutkan dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemnehub) turun hampir 50%.

Saat ini hanya 317 sepeda motor, sedangkan tahun lalu mencapai 718 sepeda motor.

“Kami menggunakan tujuh truk, tetapi yang tiba di sini baru tiga truk. Dua truk lainnya masih di jalan, kabarnya sudah sampai Pemalang. Sedangkan dua truk lagi, baru berangkat,” katanya kepada  di Terminal Giri Adipura, Rabu siang.

Dia menjelaskan sebanyak tujuh truk yang mengangkut 317 sepeda motor pemudik asal Wonogiri itu berangkat dari daerah kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

“Kami tidak bisa memprediksikan kedatangan empat truk lainnya ke sini, karena dalam perjalanan kadang berubah-ubah keadaannya. Tetapi, maksimal besok [Kamis] tanggal 22 Juni mereka sudah tiba di sini, mungkin sampai malam,” jelas dia.

Ratusan sepeda motor itu diturunkan menggunakan bantuan truk hidrolis untuk meminimalisir resiko kerusakan kendaraan. Masyarakat yang ingin mengambil sepeda motornya hanya perlu membawa STNK dan nomor kupon.

“Itu truk hidrolis, daripada dipindahkan secara manual, risiko cacatnya lebih banyak. Pengambilan kendaraan dilakukan serentak, kami sudah punya fotocopy KTP masing-masing pengendara itu dan nomor kupon parkir,” ungkap dia.

Sementara, Kepala UPT Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan jumlah pemudik terbanyak hingga Rabu siang, terjadi pada H-6 atau Senin (19/6/2017) mencapai 11.235 pemudik. Angka tersebut melebihi jumlah pemudik terbanyak tahun lalu yang hanya 8. 180 pada H-4 tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya