SOLOPOS.COM - Suasana keberangkatan penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Tirtonadi Solo, (Solopos/dok)

Mudik Lebaran 2017, Satpol PP Solo menyiagakan satgas anticopet.

Solopos.com, SOLO — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo menyiagakan petugas perlindungan masyarakat (linmas) kota dalam tim satuan petugas (Satgas) anticopet di Terminal Tirtonadi. Satgas anticopet mulai disiagakan sejak H-7 sampai H+7 Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satpol PP Solo Sutarjo mengatakan telah berkoodinasi dengan pihak Terminal Tirtonadi terkait penyiagaan satgas anticopet di kawasan tersebut. Satgas anticopet bertugas membantu pengamanan Terminal Tirtonadi selama mudik dan balik Lebaran.

“Untuk satgas anticopet kita siagakan lima petugas linmas [perlindungan masyarakat] kota untuk satu kali sif,” kata Sutarjo ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (21/6/2017).

Satgas anticopet terbagi tiga sif dalam sehari. Para petugas ini akan melakukan patroli di kawasan terminal. Petugas pun dilengkapi perlengkapan seperti handy talky (HT). Pencopet yang tertangkap tangan nantinya akan dibawa ke posko satgas anticopet terminal.

Selain terminal sebenarnya petugas linmas juga akan diperbantukan untuk menjaga keamanan di Stasiun Balapan, Purwosari maupun Jebres. Namun hingga kini belum ada koordinasi dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengamanan tersebut, sehingga petugas linmas belum disiagakan di stasiun.

“Kami siap jika sewaktu-waktu PT KAI minta bantuan untuk pengamanan. Kami akan tempatkan petugas linmas di sana [stasiun],” katanya.

Selain terminal, Satpol PP juga fokus dalam pengamanan wilayah. Satpol PP mengandalkan petugas linmas kelurahan dan kecamatan untuk pengamanan tersebut. Terutama pengamanan rumah-rumah penduduk saat ditinggal mudik pemiliknya.

“Petugas linmas kita siagakan di berbagai lokasi, termasuk kewilayahan. Mereka tidak libur saat Lebaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya