SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik menggunakan moda angkutan umum bus (JIBI/Solopos/Dok.)

Mudik Lebaran 2017, BPJS Kesehatan menyiapkan pelayanan untuk pemudik.

Solopos.com, SOLO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Solo mempersiapkan penyediaan pelayanan kesehatan khusus bagi para pemudik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Solo, Agus Purwono, mengatakan BPJS berencana memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang melakukan aktivitas mudik Lebaran 2017.

BPJS akan memperbolehkan para pemudik berobat di mana saja tanpa harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) Tingkat Pertama. Pemudik otomatis tidak akan dikenakan biaya berobat jika datang dengan menunjukkan kartu kepesertaan JKN.

“Kami sudah ada rencana memberikab pelayanan khusus bagi para pemudik. Intinya hampir sama seperti pelaksanaan pada tahun lalu. Pemudik kami amankan. Peserta JKN nanti mesti aman ketika butuh berobat. Misalnya saja, pemudik bukan warga Solo nanti bisa langsung berobat di RS di Solo,” kata Agus saat dimintai informasi soal layanan kesehatan bagi pemudik, Jumat (9/6/2017).

Agus menyampaikan penyediaan pelayanan khusus bagi para pemudik diterapkan mulai H-7 sampai H+7 Lebaran 2017. Namun untuk kepastiannya, BPJS Cabang Solo terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo dan penyedia fasilitas kesehatan.

Dia menyebut, pelayanan kesehatan saat masa mudik dan balik Lebaran diarahkan tidak terbatas emergency atau non-emergency.

“Kalau kami dari BPJS, kan ada kontrol data. Semua peserta pakai kartu jadi bisa terdeteksi. Jadi nanti kan kelihatan orang terdaftar BPJS-nya di mana. Warga luar kota yang tengah melakukan aktivitas mudik bisa berobat di mana saja. Sekarang kami masih tahap persiapan. Fasilitas kesehatan harus siap dulu mulai dari dokter keluarga, klinik, puskesmas. Kemudian baru RS harus siap,” ujar Agus.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mendorong tersedianya pelayanan kesehatan khusus bagi para pemudik di wilayah Solo. Dia ingin masyarakat yang tengah melakukan aktivitas mudik mulai H-7 dan H+7 Lebaran 2017 bisa langsung ke RS jika membutuhkan pengobatan. Pemudik diharapkan bisa langsung datang ke RS yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di daerah tujuan masing-masing.

“Saya sudah minta ke BPJS ada pelayanan khusus bagi pemudik. Tapi nanti kami bicarakan lebih lanjut. Untuk yang mudik, kalau berobat di Solo bagaimana? Seharusnya BPJS memfasilitasi kebutuhan itu. Pasti kan tidak ada orang yang mau sakit. Tapi dari mudik, orang naik kendaraan umum dan pribadi bisa merasakan kecapekan kemudian daya tahan turun, belum lagi di jalan makan jajan. Pemudik rentan sakit,” jelas Ning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya