SOLOPOS.COM - Petugas menyiapkan berbagai atribut penunjang di rest area di Jl. Bhayangkara, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo, Selasa (14/7/2015). Pemudik lebih memilih beristirahat di SPBU ketimbang di rest area karena fasilitasnya lebih lengkap, terutama keterseidaan toilet. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2017, Dishub mendirikan 6 rest area di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo tahun ini mendirikan rest area di enam lokasi. Pendirian rest area rencananya dimulai tanggal 17 Juni 2017 atau H-9 Lebaran sampai 2 Juli 2017 atau H+7 Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dishub Solo Hari Prihatno, mengatakan Dishub sudah mulai mematangkan lokasi yang akan didirikan rest area untuk menyambut pemudik. Keenam rest area berlokasi di kawasan Jurug Jl. Ir. Sutami, Terminal Tirtonadi, Jl. Adisucipto, Jl. Bhayangkara, Tanjung Anom Jl. Yos Sudarso, dan Palang Joglo Kelurahan Kadipiro.

“Kami menentukan lokasi pendirian rest area berdasarkan pertimbangan banyaknya kendaraan yang melintas di jalur mudik dan rawan macet,” ujar Hari kepada wartawan di Mapolresta Solo, Kamis (8/6/2017).

Dia menambahkan rest area akan beroperasi selama 24 jam dengan fasilitas di antaranya tempat tidur, televisi, tempat parkir, cek kesehatan, dan informasi jalur mudik. “Kami akan menempatkan petugas dua orang sampai tiga orang untuk berjaga di rest area,” kata dia.

Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo, mengatakan Polresta Solo Lebaran tahun ini mendirikan empat pos pengamanan (pospam) yakni di Faroka, Mojosongo, Palang Joglo, dan Banyuanyar. Selain itu, mendirikan satu pos pelayanan (posyan) di Gladak Jl. Slamet Riyadi.

“Kami memprediksi puncak arus mudik di Solo terjadi pada H-3 Lebaran. Sementara arus balik terjadi pada tanggal 27-28 Juni atau H+2 Lebaran dan H+3 Lebaran,” kata dia.

Ia menambahkan terminal dan stasiun di Kota Solo akan menjadi prioritas pengamanan selama Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya