SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang bus. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Mudik Lebaran 2016 akan disusul dengan arus balik ke perantauan.

Madiunpos.com, KEDIRI – Sebanyak tiga bus disiapkan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, untuk melayani program balik gratis dalam Lebaran 2016. Bus-bus itu akan diberangkatkan dari Terminal Baru pada Minggu (10/7/2016).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami sediakan ada tiga unit bus untuk balik gratis. Nantinya, bus diberangkatkan dari terminal pada Minggu pukul 08.30 WIB,” kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Kediri Hari Ediyanto di Kediri, Kamis (7/7/2016).

Menurut Hari, Bus yang disediakan adalah bus dengan fasilitas AC atau pendingin ruangan sehingga penumpang pun nyaman.

Ia menuturkan pendaftaran peserta program balik gratis dilakukan sejak 16 Juni 2016 hingga hari keberangkatan.

Sementara itu, dalam proses pendaftaran, Hari mengatakan setiap warga yang hendak mendaftar diharuskan menyerahkan salinan kartu tanda penduduk (KTP) dan datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Kediri.

Warga yang datang tidak dikhususkan warga dengan KTP Kota Kediri, melainkan bisa dari daerah manapun.

Jika kursi untuk program balik gratis masih tersedia, yang bersangkutan akan langsung didata namun jika kursi telah terisi penuh maka akan langsung diberitahukan.

“Nanti setiap warga yang mendaftarkan diri akan mendapatkan rata satu kursi, termasuk nanti anak kecil juga dapat satu kursi, tidak ada yang dipangku,” jelas dia.

Hari menambahkan program balik gratis itu sangat diminati oleh warga yang disebutnya antusias sebab tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk perjalanan balik ke Surabaya. Selain itu, warga juga mendapatkan makanan ringan selama perjalanan.

“Kami sudah memberikan informasi lewat berbagai papan pengumuman maupun lewat media untuk program balik gratis itu. Yang jelas, banyak warga yang berminat dalam program balik gratis ini,” ujar dia.

Selain balik gratis, Terminal Baru Kota Kediri juga menjadi tujuan mudik gratis yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jatim.

Untuk mudik gratis, kendaraan bus mudik tiba pada tanggal 3 dan 4 Juli 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya