SOLOPOS.COM - Bersihkan Jalur Mudik (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Mudik 2016 dari Pacitan seluruh jalan kabupaten dipastikan tidak ada kerusakan dan pemerintah menyediakan dua alat berat di lokasi rawan longsor.

Madiunpos.com, PACITAN — Pemerintah Kabupaten Pacitan mulai memastikan seluruh jalan yang akan dilewati pemudik tidak ada kerusakan. Selain pemerintah juga menyiapkan dua alat berat di dua titik jalur rawan longsor.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga dan Pengairan Pacitan, Suparlan, mengatakan untuk jalan-jalan kabupaten yang banyak dilewati kendaraan dipastikan tidak ada kerusakan dan lubang. Hal ini supaya pemudik bisa nyaman dan lancar saat melewati Pacitan.

Dia menyebutkan jalan kabupaten yang rusak saat ini mencapai 46% dari total jalan yang ada. Untuk itu, pada tahun ini, Dinas Bina Marga dan Pengairan mendapatkan anggaran cukup besar untuk memperbaiki jalan tersebut mencapai Rp98 miliar.

“Seluruh jalan yang banyak digunakan pemudik atau pengendara akan diperbaiki. Selain itu, dengan anggaran tersebut juga bisa meningkatkan kualitas beberapa jalan,” kata dia kepada wartawan, Selasa (21/6/2016).

Suparlan menyampaikan saat ini pemerintah juga baru proses pembangunan jalan di beberapa lokasi wisata, salah satunya yaitu jalan menuju wisata pantai Klayar. Diperkirakan pada H-5 Lebaran, jalan tersbeut sudah bisa dilewati pengendara. Sehingga saat Lebaran nanti orang yang akan berkunjung ke pantai Klayar bisa nyaman dengan kondisi jalan yang lebar dan bebas kerusakan.

Kepala Seksi Jalan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur wilayah Pacitan, Budi Harsono, mengatakan pemerintah juga menyediakan dua alat berat di jalur rawan longsor di wilayah Pacitan. Dua jalur rawan longsor yaitu di jalan Arjosari-Purwantoro yang menjadi batas Pacitan-Wonogiri atau tepatnya di km 174 dan jalan Pacitan-Ponorogo atau tepatnya di km 246.

Untuk di dua jalur tersebut, memang banyak keprasan bukit yang rawan longsor. Saat ini telah ada dua alat berat yang disediakan di dua lokasi itu. Hal ini untuk mengantisipasi ketika ada longsoran tanah, bisa langsung ditangani dengan cepat sehingga tidak menimbukan kemacetan yang berkepanjangan.

“Apalagi saat musim mudik dan balik Lebaran nanti diperkirakan masih dalam kondisi ekstrem, sehingga alat berat itu sangat penting,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya