SOLOPOS.COM - Polisi bersenjata lengkap mengawal kedatangan pemudik yang baru turun dari kereta api (KA) di Stasiun Madiun, Kamis (17/7/2015) pagi. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2016 ini terkait kesibukan PT KAI Madiun saat arus balik.

Madiunpos.com, MADIUN – Arus balik Lebaran 2016 menggunakan moda transportasi kereta api (KA) dari Stasiun Madiun mulai ramai pada H+3 Lebaran, Sabtu (9/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk arus balik belum terlihatnya puncaknya. Namun setiap hari pasca-Lebaran di Stasiun Madiun selalu penuh penumpang dengan okupansi 100 persen,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun Supriyanto, Sabtu.

Dia menambahkan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Madiun setiap harinya selama arus balik mencapai lebih dari 4.000 orang.

Para penumpang tersebut, kata dia, semuanya menuju sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan sebagainya.

Supriyanto mengungkapkan sesuai data, volume penumpang yang turun di Stasiun Madiun pada H+2 Lebaran  mencapai 4.307 orang, sedangkan penumpang naik mencapai 4.435 orang.

Ia menjelaskan pada hari setelah Lebaran kali ini, jumlah penumpang kedatangan tujuan Stasiun Madiun masih terpantau cukup tinggi, akni sekitar 4.000 hingga 5.000 orang setiap harinya.

Hal itu dimungkinkan karena liburan sekolah masih berlangsung hingga tanggal 17 Juli mendatang. Meski demikian, diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada hari Minggu (10/7/2016) ini.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan pengamanan dan pelayanan agar para penumpang merasa aman dan nyaman menggunakan moda transportasi kereta api.

Supriyanto menambahkan secara total volume penumpang yang menggunakan jasa kereta api di wilayah Daops Madiun pada masa angkutan Lebaran tahun 2016 diprediksi akan meningkat empat persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

Humas PT KAI Daops VII Madiun mencatat, volume penumpang selama masa angkutan Lebaran tahun 2015 yang berlangsung selama 22 hari, mencapai 225.429 orang. Jumlah itu diperkirakan meningkat menjadi 234.429 penumpang di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya