SOLOPOS.COM - Ratusan polisi mengikuti persiapan pengamanan peringatan May Day di Ponorogo di halaman Mapolres Ponorogo, Jumat (29/4/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Mudik Lebaran 2016, Polres Ponorogo mendirikan empat posko.

Madiunpos.com, PONOROGO — Empat posko Operasi Ramadaniya 2016 didirikan di empat titik oleh Polres Ponorogo selama menjelang, saat, dan pasca-Lebaran nanti. Sebanyak 316 personel disiagakan di empat posko itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Empat posko itu berada di Pos Pasar Songgolangit, Pos Alun-alun Ponorogo, Pos wisata Ngebel, dan Pos terminal Seloaji.  Untuk posko induk berada di Pos Alun-alun Ponorogo.

Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Harijadi, mengatakan Lebaran tahun ini ada empat posko yang didirikan untuk melakukan pemantauan aktivitas dan pelayanan kepada masyarakat. Ada 316 personel yang disiagakan selama Lebaran nanti mulai tanggal 30 Juni hingga 15 Juli 2016.

Dia menuturkan Polres tidak mendirikan rest area untuk pemudik secara khusus, karena Ponorogo sebagai kota tujuan bukan kota transit. Namun, polisi memasang empat posko itu untuk memantau situasi keamanan ketertiban masyarakat dalam 15 hari tersebut.

Menurut dia, penempatan posko di alun-alun dan pasar Songgolangit karena dua lokasi itu diprediksi sebagai tempat yang sangat padat pada saat Lebaran. Hal ini melihat untuk alun-alun merupakan pusat keramaian yang saat ini ada kegiatan pasar malam.

Sedangkan di pasar Songgolangit menjadi pasar tradisional terbesar di Kota Reog, sehingga menjelang Lebaran banyak warga yang ingin berbelanja di pasar itu. Apalagi saat ada pasar tumpah.

“Tugas polisi untuk pelayanan di posko itu ya seperti mengamankan lalu lintas, menyeberangkan jalan warga, dan menjaga kamtibmas di lokasi itu. Ponorogo kan kota tujuan, jadi kemungkinan pemudik yang lewat Ponorogo sedikit,” jelas dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Senin (27/6/2016).

Dia menyampaikan hingga saat ini arus lalu lintas di Ponorogo terpantau masih normal, belum ada arus pemudik yang datang dari berbagai daerah. Diprediksi para pemudik baru tiba di Ponorogo mulai tanggal 30 Juni 2016.

“Untuk pembagian personel polisi, di pos Alun-alun Ponorogo bersiaga 118 polisi, Pos pasar Songgolangit ada 18 polisi, pos wisata Ngebel ada 19 polisi, dan pos terminal Seloaji ada 17 polisi. Selain dari aparat kepolisian, nantinya juga ada dari TNI, Dishubkominfo, dan masyarakat sipil,” kata Harijadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya