SOLOPOS.COM - Jalur di Pacitan yang rawan longsor. (Detik.com)

Mudik Lebaran 2015 di Jawa Timur, khususnya Pacitan terdapat dua jalur yang rawan longsor.

Madiunpos.com, PACITAN – Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Mudik dengan moda angkutan darat pun masih menjadi pilihan. Bagi yang hendak mudik ke Pacitan melalui arah utara sebaiknya, berhati-hatilah saat melintasi dua titik rawan di jalur Ponorogo-Pacitan ini lantaran rawan bencana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masing-masing jalur rawan longsor itu ialah ruas jalan di Dusun Dondong dan ruas jalan di Dusun Kalipego Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan.

Ekspedisi Mudik 2024

Di lokasi pertama badan jalan amblas sepanjang 30 meter dengan lebar mencapai separoh bagian jalan beraspal. Sedangkan di lokasi ke dua, ancaman longsor dapat terjadi sewaktu-waktu karena adanya material sisa penambangan batu alam yang berjarak kurang dari satu meter dari jalan raya.

Beberapa waktu lalu, batuan pada tebing di sisi jalan sempat runtuh dan menutup jalur lalu lintas serta menimbun sebuah mobil. Beruntung tak ada korban jiwa. Namun akibat kejadian itu, lalu lintas sempat terganggu selama beberapa hari.

“Selama musim mudik, kami siapkan alat berat dan petugas piket. Sehingga kalau tiba-tiba amblas bisa secepatnya dilakukan pengurukan,” kata Untung Hidayat, Kepala UPT Bina Marga Provinsi Jatim di Pacitan, Minggu (12/7/2015).

Adapun untuk penanganan ancaman longsor di Dusun Kalipego, lanjut Untung, pihaknya membuat jalan darurat. Jalan yang dibangun melintasi tanah kas desa diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pemudik saat terjadi longsor. Dalam kondisi normal, jalan tanah itu juga dapat difungsikan untuk membagi kendaraan dari kedua arah.

“Pesan dari bapak Kepala Dinas agar jalan Ponorogo-Pacitan ini tetap connecting, tidak sampai putus,” terang pejabat asli Bojonegoro tersebut sembari menjelaskan adanya rambu peringatan yang juga dipasang di sekitar titik longsor dan amblas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya