SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine (JIBI/Solopos/Antara)

Mudik Lebaran 2015 diantisipasi dengan tes urine bagi para masinis kereta api.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO — PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah menggelar tes urine terhadap masinis dan asisten masinis demi mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkoba pada masa mudik Lebaran 2015.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Antara di Stasiun Besar Purwokerto, Sabtu (11/7/2015), setiap masinis dan asisten masinis yang hendak maupun usai bertugas langsung diminta memasuki Ruang Pembinaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kru Kereta Api guna menjalani tes urine. Di ruangan itu, setiap masinis dan asisten masinis diminta mengisi formulir sebelum memberikan sampel urine mereka dalam wadah yang disediakan laboran.

Pengambilan sampel urine itu harus dilakukan di kamar mandi Ruang Pembinaan, tidak boleh di kamar mandi lain.

Jamin Keselamatan
Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono mengatakan bahwa tes urine digelar untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api khususnya pada saat mudik Lebaran 2015. “Kami lakukan tes urine secara mendadak terhadap masinis dan asisten masinis untuk mendeteksi kemungkinan pemakaian narkotika dan obat-obatan psikotropika yang sangat berbahaya dalam keselamatan perjalanan kereta api,” kata Surono.

Ia mengatakan bahwa pihaknya menggandeng salah satu laboratorium independen sebagai pelaksana tes urine. Menurut Surono, masinis dan masinis yang menjalani tes urine diutamakan yang akan bertugas.

“Ada 60 orang yang ikut tes urine. Alhamdulillah semua dinyatakan negatif,” katanya.

Dia mengatakan jika ada masinis atau asisten masinis yang dinyatakan positif akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium guna memastikan zat yang terkandung dalam urine, apakah termasuk golongan narkotika atau bukan narkotika.

Sanksi Tegas
Menurut dia, PT KAI akan memberi sanksi tegas terhadap masinis maupun asisten masinis yang diketahui menggunakan narkoba. “Kita akan mengambil sanksi tegas termasuk pemecatan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa tes urine tersebut akan terus dilakukan selama masa Angkutan Lebaran 2015 demi keselamatan perjalanan kereta api. “Selama angkutan Lebaran, tes urine ini rencananya akan dilakukan dua hingga tiga kali secara mendadak dan dilakukan di tempat berbeda, mungkin di Kutoarjo, dan bisa juga di Kroya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya