Tutup Iklan

MUDIK LEBARAN 2015 : Tol Mojokerto-Kertosono Hindarkan Kemacetan di Jombang

 Pintu tol Kertosono-Mojokerto di Jombang, Minggu (12/10/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

SOLOPOS.COM - Pintu tol Kertosono-Mojokerto di Jombang, Minggu (12/10/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

Mudik Lebaran 2015 di wilayah Jombang terbantu berkat dioperasikannya jalan tol Mojokerto-Kertosono.

Madiunpos.com, MOJOKERTO – Ruas jalan tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 14,5 kilometer siap menjadi jalur alternatif bagi para pemudik. Jalan tol ini akan menghindarkan kemacetan di sepanjang By Pass Jombang.

Kepala Departemen Lalu Lintas dan Informasi Operasi PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Andrias Sukmawan, mengatakan ruas jalan tol yang membentang antara Bandar Kedungmulyo hingga Tembelang telah beroperasi sejak 13 Oktober 2014 lalu. Ruas jalan tol itu merupakan bagian dari Trans Jawa yang dirintis pemerintahan lalu.

Para pemudik dari arah Jawa Tengah, Nganjuk, dan Kediri menuju arah Surabaya, Lamongan, dan Tuban bisa memilih jalur ini sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan di sepanjang By Pass Jombang dan dalam Kota Jombang. Pemudik cukup masuk melalui gerbang tol Bandar Kedungmulyo.

“Kami kerja sama dengan Satlantas Polres Jombang dan Polda Jatim untuk memperkuat jajaran di ujung tol Bandar Kedungmulyo yang dekat simpang Mengkreng. Strateginya dari barat [Kediri, Nganjuk dan Jateng] kami sarankan masuk tol, dengan demikian mengurangi hambatan dari Bandar Kedungmulyo sampai Kota Jombang,” kata Andrias kepada wartawan, Minggu (12/7/2015) seperti diberitakan Detik.com.

Begitu pula, katanya, bagi para pemudik dari arah Lamongan dan Tuban yang menuju arah Nganjuk melalui Ploso, Jombang, mereka bisa memilih ruas tol sepanjang 14,5 kilometer ini sebagai jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di dalam Kota Jombang. Pemudik bisa masuk melalui gerbang tol di Tembelang.

“Perbaikan jalan sudah rampung. Di dalam ruas tol ini kami sediakan armada pelayanan, seperti patroli, mobil derek, ambulance dan rescue yang beroperasi 24 jam. Senkom [sentra komunukasi] kami 24 jam di nomor 0321 888123,” paparnya.

Selain terhindar dari kemacetan, lanjutnya, pemudik yang melewati ruas jalan tol Mojokerto-Kertosono seksi 1 ini bakal mendapatkan diskon tarif sebesar 25% dari tarif normal. Tarif kendaraan golongan I dari Rp10.000 menjadi Rp7.500, golongan II dari Rp15.500 menjadi Rp11.500, golongan III dari Rp20.500 menjadi Rp15.500.

Sedangkan tarif golongan IV dari Rp25.500 menjadi Rp19.000, dan golongan V dari Rp30.500 menjadi Rp23.000. “Diskon ini berlaku sejak H-10 Lebaran hingga H+5 Lebaran, yakni tanggal 7 Juli-23 Juli,” ungkapnya.

Andrias menjamin, selama arus mudik Lebaran tak akan terjadi penumpukan kendaraan di ruas tol ini. Apabila pada hari biasa volume kendaraan 1.100-1.500 kendaraan per hari, maka selama arus mudik Lebaran ruas tol yang diresmikan menteri pekerjaan umum (PU) tahun lalu ini mampu menampung 15.000 kendaraan per harinya.

“Daya tampungnya bisa sampai 10 kali lipat dari hari biasa,” pungkasnya.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Lokasi WNA Ukraina Tersesat di Merbabu Ternyata Jadi Habitat Elang Jawa

Blok Tulangan yang menjadi lokasi penemuan warga negara asing (WNA) yang tersesat di lereng Gunung Merbabu ternyata menjadi habitat dari elang jawa yang terancam punah.

Resmi, Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo.

PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

6 Tahun Tugu Insurance Pertahankan Global Financial Strength Rating A

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) mempertahankan predikat Financial Strength Rating A-(Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of A- (Excellent) dari A.M. Best.