SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI)

Mudik Lebaran 2015 di Temanggung akan ada puskesmas yang siaga 24 jam.

Solopos.com, TEMANGGUNG-Sebanyak tiga puskesmas rawat inap di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang berada di jalur utama mudik dan balik Lebaran 1436 Hijriah siap melayani masyarakat selama 24 jam.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Ketiga puskemas tersebut, yakni Puskesmas Ngadirejo, Bejen, dan Puskesmas Pringsurat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Supardjo di Temanggung, Kamis (9/7/2015).

Ia mengatakan di puskesmas tersebut telah dilengkapi fasilitas dan peralatan kesehatan serta tenaga medis.

Ia menuturkan bahwa pihaknya juga menyiapkan puskesmas di jalur alternatif untuk piket siaga dengan tenaga medis siap panggil.

Menurut dia, total puskesmas yang disiapkan di jalur alternatif itu sebanyak 24 unit yang berada di 20 kecamatan. Semua puskesmas itu memberi pelayanan selama arus mudik dan balik, selain itu medis juga diterjunkan di empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

Ia menyebutkan untuk pelayanan kesehatan, tenaga medis yang diterjunkan sebanyak 46 dokter, 92 perawat, dan 16 pengemudi. Tenaga medis tersebut belum termasuk yang berada di empat rumah sakit, yakni RSUD Temanggung, RS Gunung Sawo, RS PKU Muhammadiyah Bulu, dan RSK Ngestiwaluyo.

Supardjo mengatakan guna mewaspadai terjadi kejadian luar biasa (KLB) Dinkes Temanggung menyiapkan tim khusus yang siaga 24 di kantor Dinas Kesehatan.

Menurut dia, tim tersebut terdiri atas dokter, perawat, tenaga labolatorium dan ahli kesehatan lingkungan, dan dilengkapi peralatan kesehatan serta mobil.

“KLB biasa terjadi di waktu Lebaran, seperti keracunan makanan dan diare,” katanya.

Ia mengatakan dokter dan apotek jaga telah disiapkan guna pelayanan sehingga warga diharapkan bisa tenang dan nyaman dalam merayakan Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya