SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mudik Lebaran 2015 tak lama lagi.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Fasilitas mudik gratis yang disediakan PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, mulai beroperasi seiring dengan datangnya kapal motor Kawit dari Sampit yang membawa 1.800 penumpang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada enam armada bus yang kami siapkan untuk mengantarkan penumpang menuju sejumlah daerah,” kata General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi di Semarang, Sabtu (11/7/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Menurutnya, dua dari total armada bus yang telah disiapkan tersebut menuju ke rute timur dengan tujuan Demak, Kudus, dan Pati, untuk satu bus menuju rute barat dengan tujuan Kendal, Pekalongan, Pemalang, satu bus menuju ke selatan dengan tujuan Temanggung dan Wonosobo.

“Selanjutnya ada dua bus yang menuju ke selatan yaitu ke Solo dan Jogja. Dalam satu hari setiap armada berangkat satu kali ke tujuan-tujuan tersebut,” katanya.

Menurutnya, enam armada tersebut akan melayani para penumpang mulai H-7 hingga H-1 jelang Lebaran. Diharapkan, fasilitas tersebut dapat mendongkrak jumlah pemudik yang menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas.

Fasilitas Mudik
Sementara itu, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III Husein Latief berharap agar fasilitas mudik gratis tersebut dapat dioptimalkan oleh para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

“Harapannya dengan adanya armada gratis ini para penumpang yang mudik dapat mengefisienkan pengeluaran mereka khusus dari sisi transportasi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memastikan jumlah kunjungan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas sendiri terus mengalami peningkatan.

Hingga H-10 menjelang Lebaran, jumlah penumpang yang naik dari pelabuhan Tanjung Emas tercatat di angka 2.765 orang, sedangkan jumlah penumpang yang turun sebanyak 10.421 orang. “Jumlah tersebut diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga H-1 jelang Lebaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya