SOLOPOS.COM - Padatnya jalur pantura, wilayah Tegal, Minggu (19/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Mudik Lebaran 2015 dimanfaatkan warga menikmati objek wisata.

Solopos.com, SEMARANG — Objek wisata Taman Margasatwa berlokasi di Mangkang, Kota Semarang, Senin (20/7/2015), dipadati ribuan pengunjung untuk mengisi waktu liburan panjang Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka datang bersama keluarga masing-masing, melihat aneka satwa, seperti harimau, orang utan, ular, burung, dan lainnya di obyek wisata yang berlokasi di perbatasan dengan Kebupaten Kendal itu.

Dengan membayar tiket masuk relatif terjangkau yakni Rp7.500 per orang, pengunjung dapat menyaksikan sekitar 300 koleksi hewan yang ada Taman Margasatwa atau dikenal dengan kebun binatang Mangkan tersebut.

Pengunjung juga bisa naik gajah dengan membayar Rp5.000 berkeliling sekitar lokasi. Bagi anak-anak tersedia sejumlah permainan. Kepala Unit Pelayanan Teknis Taman Margasatwa Semarang Kusyanto mengatakan jumlah pengunjung terus meningkat selama libur Lebaran.

”Pada H Lebaran Jumat [17/7] jumlah pengunjung sebanyak 4.500 orang, pada Sabtu [18/7] meningkat menjadi 15.000 orang, dan pada Minggu [19/7] naik menjadi 17.000 orang, hari ini [Senin kemarin] diperkirakan jumlah pengunjung juga naik,” katanya kepada Solopos.com di Semarang.

Puncak pengunjung Taman Margasatwa, menurut dia, diperkirakan pada H+7 Lebaran pada Minggu (25/7) karena ada tradisi syawalan di Kendal. ”Warga Kendal banyak yang berkunjung ke sini [Taman Margasatwa] merayakan syawalan,” tandasnya.

Selain Taman Margasatwa, ribuan pengunjung juga memadati obyek wisata lainnya seperti Taman Lele, Lawang Sewu di kawasan Tugu Muda, dan wisata air Water Blaster.

Lawang Sewu banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota yang sedang berlibur Lebaran di Semarang. Mereka tertarik dengan cerita misteri bangunan peninggalan pemerintah Belanda.

Untuk masuk lokasi bangunan yang dibangun pada 1904 pengunjung harus membayar tiket senilai Rp10.000 orang dewasa dan Rp5.000 anak-anak. ”Pengunjung kebanyakan dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya. Pada libur Lebaran ini jumlah pengunjung rata-rata per hari sekitar 5.000,” kata seorang petugas tiket masuk Lawang Sewu.

Sementara itu, wisata air Water Blaster dipenuhi pengunjung terutama anak-anak untuk bermain air mulai berseluncur dari atas sampai ember berisi air tumpah.

Menurut Direktur Operasional Water Blaster Soemitro selama libur Lebaran jumlah pengunjung mengalami peningkatkan dibandingkan hari biasa. ”Sejak hari pertama Lebaran pengunjung terus meningkat. Paling banyak pada Minggu lalu [19/7] mencapai 4.000 orang lebih,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya