SOLOPOS.COM - Kendaraan terjebak kemacetan di Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Pada arus mudik H-4 Lebaran 2023, kendaraan menuju ke arah timur atau di Jalan Nasional Cinunuk mengalami kepadatan yang di dominasi oleh kendaraan pemudik. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

Mudik Lebaran 2015 didukung posko terpadu di Terminal Soekarno-Hatta, Magelang.

Solopos.com, MAGELANG — Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Magelang mengimbau para pemudik yang tiba dini hari di Terminal Soekarno-Hatta memanfaatkan posko terpadu guna menunggu sarana transportasi umum menuju kampung halaman mereka setelah hari menjelang terang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk yang tiba masih malam atau dini hari, silakan memanfaatkan posko terpadu untuk istirahat sambil menunggu angkutan umum untuk mengantar sampai kampung halaman,” kata Kepala Dishubkominfo Pemkot Magelang Suko Tricahyo di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (12/7/2015).

Petugas gabungan berasal dari berbagai instansi terkait bersiaga di posko terpadu di Terminal Soekarno-Hatta Kota Magelang untuk memberikan layanan terbaik kepada para pemudik, termasuk mereka yang tiba di kota setempat saat hari masih dini. Ia memperkirakan puncak kedatangan arus mudik di kota itu pada H-2 dan H-1 Lebaran 2015.

Mereka bisa memanfaatkan berbagai sarana transportasi umum lainnya untuk melanjutkan perjalanan menuju kampung halaman masing-masing.

Taksi 24 Jam
Di Kota Magelang sejak beberapa waktu terakhir, telah beroperasi taksi selama 24 jam. Selain itu, pemudik juga bisa memanfaatkan layanan ojek dari berbagai pangkalan untuk mengantar mereka sampai kampung halamannya. “Kota Magelang sudah ada taksi 24 jam atau menggunakan ojek,” katanya.

Para pemudik yang turun di Terminal Soekarno-Hatta Kota Magelang, selain warga berasal dari daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu, juga berbagai desa di Kabupaten Magelang.

Beberapa waktu lalu, petugas Dishubkominfo Kota Magelang telah melakukan pemeriksaan kondisi angkutan umum sebagai kesiapan melayani pemudik. Pemeriksaan dilakukan di terminal setempat maupun di sejumlah garasi bus umum yang ada di daerah itu.

Pihaknya juga telah merencanakan pemeriksaan kesehatan para awak angkutan umum dalam rangka pelayanan mudik Lebaran 2015. “Kami besok (14/7) akan memeriksa kondisi kesehatan para sopir angkutan umum bekerja sama dengan dokkes dari kepolisian, untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan para penumpang Lebaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya