SOLOPOS.COM - Google Earth Pro bisa diunduh gratis (Fullprogramlarindir.com)

Mudik Lebaran 2015 semua jalur di DIY saat ini sudah bisa diakses melalui Google Map 24 jam.

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan pengguna jalan selama libur Lebaran 2015.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemudik dan wisatawan yang berlibur di DIY dan tidak ingin terjebak kemacetan bisa memantau kondisi lalu lintas di simpang jalan melalui Area Traffic Control System (ATCS) yang bisa diakses melalui akun Twitter @ATCSDIYJOGJA.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY, Sigit Haryanta, mengatakan ada 46 titik persimpangan yang dianggap rawan macet yang sudah terpantau dari jarak jauh oleh Dishubkominfo DIY. Ke-46 titik itu berada di jalur utama DIY, seperti Simpang Jombor, Simpang Tugu, Simpang UIN, Simpang Janti, Titik Nol Kilometer.

“Titik kemacetan ini bisa dipantau pemudik sehingga memudahkan pemudik untuk menghindari kemacetan,” kata Sigit, seusai rapat persiapan Lebaran di Kepatihan, Kamis (9/7/2015).

Lewat ATCS, kata Sigit, pihaknya bisa mengendalikan dan mengatur sinyal lampu lalu lintas. Jika kepadatan kendaraan sudah parah, petugas akan melakukan rekayasa arus dengan buka tutup atau pengalihan arus.

Sigit juga mengungkapkan, semua jalur di DIY saat ini sudah bisa diakses melalui Google Map yang bisa dilihat real time 24 jam. Pemudik bisa membuka www.plazainformasi.jogjaporv.go.id, untuk melihat kondisi terkini semua ruas jalan.

Jika lalu lintas macet, tanda pergerakan kendaraan menyala merah. Jika arus lalu lintas lancar, tanda menyala hijau.

“Kalau pergerakan kendaraan terlihat merah dalam peta, pemudik bisa mencari jalur alternatif lain yang sudah ada petunjuknya dalam peta,” ujar Sigit.

Jika peta lalu lintas bisa diakses 24 jam, ATCS hanya bisa diakses dari pukul 06.00-22.00 WIB. Menurut Sigit, ATCS beroperasi melalui mesin yang dikendalikan dari kantor Dishubkominfo DIY karena mesin perlu istirahat. Alasan lainnya, kata Sigit, malam hari pukul 22.00 WIB sampai 06.00 WIB, lalu lintas cenderung lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya