SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mudik Lebaran 2015 menyediakan bus gratis bagi para penumpang di Tanjung Perak.

Madiunpos.com, SURABAYA – PT Pelindo III menyediakan bus mudik gratis untuk kali pertama. Bus tersebut diperuntukkan bagi para penumpang kapal yang bersandar di Dermaga Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sediakan 10 bus setiap harinya untuk penumpang kapal yang datang hingga H-1,” kata Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto di Dermaga Gapura Surya, Jumat (10/7/2015).

Bus-bus tersebut, kata Edi, mempunyai tujuan Madiun, Trenggalek, Nganjuk, Jember, Cepu, Sampang, dan Sumenep. Setiap bus bisa ditumpangi 48-56 orang.

Dari pengamatan detikcom, kapal yang kali pertama datang adalah KM Dobonsolo yang membawa sekitar 1.600 penumpang.

Rupanya masih banyak penumpang yang belum tahu bahwa ada layanan bus mudik gratis. Padahal sosialisasi itu sudah dilakukan di pelabuhan asal dan di dalam kapal.

Para penumpang baru ngeh setelah petugas pelabuhan mengumumkan berulang kali melalui mega phone. Setelah itu barulah penumpang menuju ke loket registrasi untuk masing-masing bus tujuan.

Selama mempunyai tiket kapal, para penumpang bisa naik ke bus tujuannya.

Kapal kedua yang datang adalah KM Doro Londa yang membawa sekitar 3.000 penumpang. Kejadiannya juga sama seperti para penumpang KM Dobonsolo. Karena banyaknya penumpang sementara bus yang disediakan terbatas, maka dalam sekejap bus pun segera penuh penumpang dan segera berangkat.

“Tujuan paling banyak Madiun, ada tiga bus,” lanjut Edi.

Edi menambahkan bagi yang tidak kebagian bus mudik gratis, PT Pelindo III menyediakan bus gratis yang menuju ke Terminal Purabaya (Bungurasih). Ada 15 bus menuju Bungurasih yang disediakan.

“Selain di Pelabuhan Tanjung Perak, bus mudik gratis juga disediakan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Ada 6 bus yang disediakan dengan tujuan Pati, Solo, Yogyakarta, Wonosobo, dan Pemalang,” terang Edi.

Edi mengakui bus yang disediakan memang belum mampu menampung keseluruhan penumpang. Tetapi jika penyediaan bus mudik gratis ini mendapat banyak apresiasi, bisa jadi tahun depan jumlah bus dan tujuan akan ditambah.

“Akan kami evaluasi. Bisa jadi akan ditambah untuk semuanya pada tahun depan,” pungkas Edi.

Para penumpang sendiri merasa senang bisa pulang kampung dengan gratis. Menurut para penumpang, penyediaan bus mudik gratis ini sangat membantu.

“Awalnya enggak tahu. Tahunya pas kami diarahkan ke tempat pendaftaran bus tujuan,” ujar Tarmaji.

Tarmaji yang datang dari Papua sambil membawa istri dan anaknya tersebut hendak pulang ke kampung halamannya di Nganjuk. Bus mudik gratis ini diakui Tarmaji memudahkan dirinya.

“Enak, tidak perlu jalan jauh cari tumpangan. Maklum barang bawaan saya banyak dan berat, bawa anak istri lagi,” tandas Tarmaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya