SOLOPOS.COM - Penumpang KA Jaka Tingkir antre di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (15/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Yustinus Agyl)

Mudik Lebaran 2015 ke Solo mencapai puncaknya hari ini.

Solopos.com, SOLO — Puncak arus mudik penumpang yang menggunakan sarana transportasi Kereta Api (KA) diperkirakan terjadi pada H-1 Lebaran 2015 atau Kamis (16/7/2015) ini. Diprediksi di wilayah PT KAI Daop VI Jogja yang meliputi wilayah Soloraya diprediksi akan ada kenaikan penumpang sebanyak 4% dibandingkan lebaran tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di Stasiun Purwosari dan Stasiun Balapan, Rabu (15/7/2015), ratusan pemudik masih menunggu pemberangkatan kereta api. Selain itu, ratusan pemudik juga terlihat meninggal stasiun.

Manager Corporate Communications PT KAI Daop VI Jogja, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan puncak arus mudik yang menggunakan transportasi KA terjadi pada H-1 ini diperkirakan naik 4% dibandingkan tahun lalu. Gatut juga menyampaikan dibandingkan masa lebaran tahun lalu, jumlah penumpang yang menggunakan KA pada tahun ini mengalami kenaikan cukup signifikan.

Semisal pada H-3 tahun ini, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Balapan Solo yang menggunakan kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, dan kereta lokal mencapai 40.466 orang. Sedangkan pada waktu yang sama hanya sebanyak 33.047 orang.

“Kedatangan penumpang pada H-3 dari Stasiun Balapan sebanyak 6.242 orang,” katanya saat ditemui Solopos.com di Stasiun Balapan, Rabu.

Menurutnya, pada lebaran tahun ini masyarakat banyak yang beralih menggunakan kereta api. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya pemudik yang menggunakan moda transportasi ini.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi keamanan yang ada di wilayah Daop VI, pihaknya juga menyiagakan 230 personil dari Brimob dan TNI. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan 280 Polsuska dan Satpam yang selama 24 jam menjaga keamanan wilayah Daop VI.

Kepala Stasiun Purwosari, Slamet Riyanto, mengatakan pada lebaran tahun ini penumpang yang masuk ke Stasiun Purwosari mengalami peningkatan mecapai 10% dari tahun lalu. Pada H-3 lalu, jumlah penumpang KA ekonomi dan lokal yang turun di stasiun ini mencapai 2.622 orang, padahal di hari yang sama pada lebaran tahun 2014 hanya 2.403 orang.

Dia juga menjelaskan di stasiun Purwosari telah mengalami peningkatan penumpang mulai H-7. “Memang ada kenaikan penumpang cukup tinggi saat lebaran tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk penumpang kereta lokal memang terjadi antrean panjang untuk mendapatkan tiket. Sebabnya, tiket kereta lokal hanya bisa dibeli tiga jam sebelum pemberangkatan. Ini berbeda dengan kereta jarak jauh yang tiketnya bisa dibeli jauh-jauh hari. “Kami memprediksi besok [H-1] menjadi puncak mudik yang menggunakan kereta api,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya