SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik menggunakan moda angkutan umum bus (JIBI/Solopos/Dok.)

Mudik Lebaran 2015 dijelang Dishubkominfo dengan mengingatkan tidak adanya tuslah atau penambahan biaya perjalanan pada musim mudik dan balik.
Solopos.com, KARANGANYAR — Menjelang musim mudik Lebaran 2015, Dishubkominfo Karanganyar menegaskan tidak ada tuslah tarif angkutan umum. Untuk angkutan umum kelas ekonomi, tarif angkutan mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. SK.6736/AJ.205/DRJD/2014 tentang Tarif Jarak Batas Atas dan Tarif Jarak Batas Bawah Angkutan Penumpang dengan Mobil Bus Umum Kelas Ekonomi Trayek Antar Kota Antar Provinsi.
Peringatan itu dikemukakan Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Agus Cipto Waluyo, yang ditemui Solopos.com, di kantornya, Sabtu (4/7/2015).
Menurutnya, berdasarkan Peraturan Dirjen Hubdar tersebut maka batas atas untuk tarif bus ekonomi adalah Rp156 per kilometer per penumpang (km/pnp). Untuk batas bawah tarif senilai Rp96 km/pnp. “Jadi tidak ada tuslah untuk lebaran ini. Semua mengacu pada batas bawah dan batas atas itu,” tegas Agus.
Hal serupa juga berlaku untuk angkutan kota dan pedesaan. Agus mengatakan tarif angkutan kota dan pedesaan di Karanganyar mengacu pada Peraturan Bupati No. 65/2014. Untuk tarif angkutan kota, tertinggi Rp575 km/pnp dan terendah Rp276 km/pnp. Sedangkan untuk angkutan pedesaan, tarif tertinggi Rp523 km/pnp dan terendah Rp306 km/pnp. Tarif tersebut disesuaikan dengan karakteristik pelayanan.
Sementara itu, Ketua Organda Karanganyar, Tri Haryadi, tidak mempersoalkan tidak adanya tuslah tersebut. “Tidak ada kenaikan tarif. Untuk bus ekonomi mengacu batas atas dan batas bawah yang telah ditetapkan pemerintah. Tapi untuk bus AC, menyesuaikan mekanisme pasar,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.
Dia mengatakan para pengusaha angkutan publik akan mengeluarkan semua armadanya untuk kebutuhan lebaran nanti. “Sebab inilah [musim lebaran] yang kami tunggu-tunggu. Para pengusaha tentu akan mengeluarkan semua armadanya,” kata dia. Tapi pihaknya mengimbau kepada pemilik kendaraan dan pengemudi untuk selalu mengutamakan keselamatan penumpang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya