SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Mudik Lebaran 2015 kendaraan dilarang berhenti di Malioboro untuk mencegah macet.

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Jogja akan melarang kendaraan berhenti di Jl. Malioboro selama libur Lebaran 2015. Larangan itu untuk mencegah kemacetan di kawasan wisata favorit para pelancong tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dishubkominfo Kota Jogja, Wirawan Hario Yudo, mengatakan Jogo Malioboro, tim yang bertugas mengatasi kemacetan di Malioboro, akan terus memantau kendaraan di jalur tersebut.

“Kendaraan dilarang berhenti di Jl. Malioboro,” ujar dia di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro, Jumat (10/7/2015).

Dishubkominfo dan Kepolisian juga akan melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan cara buka tutup dan pengalihan arus sesuai kondisi. “Misalnya kendaraan dari arah Jl. Mangkubumi yang hendak ke Malioboro akan diputarkan dahulu ke Kridosono,” ujar Yudo.

Upaya itu, menurut dia, dilakukan supaya arus lalu lintas terus bergerak meski terjadi kepadatan, sehingga arus lalu lintas tidak terkunci. Yudo menambahkan, pada H-7 Lebaran, Jumat kemarin, sudah ada peningkatan kendaraan yang masuk wilayah Jogja, namun belum terlalu signifikan.

Dishubkominfo Kota Jogja mulai memantau kendaraan yang masuk wilayah Jogja, Sabtu (11/7/2015) hari ini. “Puncak kepadatan akan terjadi mulai 13-14 Juli, karena tanggal itu pemudik gratis mulai tiba di Jogja,” ujar Yudo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya