SOLOPOS.COM - Kemacetan jalur jalan Saradan, Kabupaten Madiun, Senin (20/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Mudik Lebaran 2015 membuat Madiun-Nganjuk harus ditempuh lima jam.

Solopos.com, MADIUN — Jalur Madiun-Surabaya, Jawa Timur mengalami kemacetan arus lalu lintas kendaraan bermotor, tepatnya di ruas Madiun-Nganjuk, pada saat masa arus balik H2+1 musim mudik Lebaran 2015, Senin (20/7/2015). Kemacetan mulai terjadi di wilayah Desa Kaligunting, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, hingga Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Akibat kemacetan yang dipicu arus balik musim mudik Lebaran 2015 tersebut, arus lalu lintas berjalan padat merayap. Kemacetan diduga akibat banyaknya perlintasan kereta api di jalur tersebut, juga karena tingginya volume kendaraan yang melintasi jalur tersebut saat arus balik ini. “Ini sudah termasuk macet total. Kendaraan hanya bisa berjalan antara 20 km/jam-30 km/jam,” ujar salah seorang pemudik asal Caruban yang akan kembali ke Surabaya, Agus.

Menurut dia, akibat kecepatan kendaraan yang hanya 30 km/jam, jarak Madiun-Nganjuk yang biasanya hanya ditempuh satu hingga satu setengah jam, pada masa arus balik musim mudik Lebaran 2015 ini bisa mencapai tiga hingga lima jam. “Biasanya dari Madiun sampai Nganjuk hanya memakan waktu satu hingga satu setengah jam, tapi kali ini sampai 4-5 jam,” kata Agus.

Aparat Satuan Lantas Polres Madiun Ipda Hartono mengatakan kemacetan arus kendaraan terjadi dari arah Madiun menuju Surabaya. Titik kemacetan mulai terjadi di kawasan Caruban, Desa Kaligunting, hingga perbatasan Saradan-Wilangan. “Kemacetan terparah terjadi di sekitar perlintasan kereta api di wilayah Kaligunting dan tanjakan Nampu, Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan,” kata Hartono.

Kemacetan tersebut juga disebabkan adanya penyempitan jalur di sejumlah titik jalan. Untuk mengurangi kemacetan tersebut, petugas juga menerapkan sistim buka dan tutup. Diperkirakan kemacetan tersebut masih akan berlangsung pada jam-jam tertentu selama masa arus balik musim mudik Lebaran 2015 berlangsung. Petugas mengimbau para pemudik untuk bersabar dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya